PRESTASI PELAJARAN QUR’AN HADIS DAN KETENANGAN JIWA DITINJAU DARI INTENSITAS MEMBACA AL- QUR’AN SISWA KELAS VIII MTs N TINAWAS NOGOSARI BOYOLALI TAHUN 2017

Sapti, Yantiningsih and Ari, Wibowo,S,Si, M.Pd, M.Si (2018) PRESTASI PELAJARAN QUR’AN HADIS DAN KETENANGAN JIWA DITINJAU DARI INTENSITAS MEMBACA AL- QUR’AN SISWA KELAS VIII MTs N TINAWAS NOGOSARI BOYOLALI TAHUN 2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
full teks skripsi.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Di MTsN Tinawas Nogosari Boyolali membiasakan siswa-siswinya membaca Al-Qur‟an juz 30 sebelum pembelajaran dimulai. Melalui pembiasaan tersebut seharusnya siswa-siswinya memiliki prestasi pelajaran Qur‟an Hadis yang baik. Namun pada kenyataannya siswa-siswi kelas VIII prestasi pelajaran Qur‟an Hadis hanya 50% yang tuntas dari KKM. pada usia siswa-siswi kelas VIII antara 13-14 tahun kondisi jiwa anak mengalami kegoncangan. Kondisi ini sering membuat anak mengalami kurang tenang di jiwanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Intensitas Membaca Al-Qur‟an, 2) Prestasi Belajar Qur‟an Hadis, 3) Ketenangan Jiwa 4) Ada atau tidaknya perbedaan antara Intensitas Membaca Al-Qur‟an terhadap Prestasi Belajar Qur‟an Hadis,. 5) Ada atau tidaknya perbedaan antara Intensitas Membaca Al-Qur‟an terhadap Ketenangan Jiwa. 6) Ada atau tidaknya perbedaan antara Prestasi Pelajaran Qur‟an Hadis dan Ketenangan Jiwa ditinjau dari Intensitas Membaca Al-Qur‟an Siswa Kelas VIII di MTsN Tinawas Nogosari Boyolali Tahun 2017. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausal komparatif. Tempat dan waktu penelitian di MTsN Tinawas Nogosari Boyolali dari Juni 2016- Juli 2017. Populasi dalam penelitian ini 153 siswa. Sampel diambil 3 kelas yaitu kelas D, F, G dengan jumlah 78 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan kemudian diuji validitas dan reliabilitas dengan jumlah responden 50 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: : 1) Intensitas Membaca Al-Qur‟an Siswa Kelas VIII di MTsN Tinawas Nogosari Boyolali tergolong sedang 66,67%, 2) Prestasi Belajar Qur‟an Hadis Siswa Kelas VIII di MTsN Tinawas Nogosari Boyolali tergolong sedang 69,23%, 3) Ketenangan Jiwa Siswa Kelas VIII di MTsN Tinawas Nogosari Boyolali tergolong sedang 73,08% 4) Adanya perbedaan Prestasi Belajar Qur‟an Hadis ditinjau dari Intensitas Membaca Al- Qur‟an Nilai PES (Partial Eta Squared) yaitu 0,168 > 0,05 maka H0 ditolak,. 5) Adanya perbedaan Ketenangan Jiwa ditinjau dari Intensitas Membaca Al-Qur‟an (Partial Eta Squared) yaitu 0,309 > 0,05 maka H0 ditolak. 6) Adanya perbedaan antara Prestasi Pelajaran Qur‟an Hadis dan Ketenangan Jiwa ditinjau dari Intensitas Membaca Al-Qur‟an Siswa Kelas VIII di MTsN Tinawas Nogosari Boyolali Tahun 2017 nilai F test untuk hotelling trace sebesar 9,702 dan signifikansi pada 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x1 Al Quran dan Ilmu Terkait
300 Ilmu Sosial > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 15 Mar 2018 04:36
Last Modified: 15 Mar 2018 04:36
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1548

Actions (login required)

View Item View Item