IMPLEMENTASI LESSON STUDY DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP MUHAMMADIYAH AL-KAUTSAR PK GUMPANG KARTOSURO SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2017/2018

Rindang, Noer Islamiyati and Hj., Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag (2017) IMPLEMENTASI LESSON STUDY DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP MUHAMMADIYAH AL-KAUTSAR PK GUMPANG KARTOSURO SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses kegiatan belajar mengajar biasanya pendidik hanya menggunakan metode yang monoton misalnya ceramah. Hal ini kurang menarik perhatian dan minat siswa dalam belajar juga sangat berpengaruh pada kemampuan siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Untuk itu perlu adanya variasi metode dalam pembelajaran Aqidah Akhlaq. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi lesson study yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, refleksi dan tindak lanjut dalampembelajaran PAI DI SMP Muhammadiyah Al-Kautsar PK Katasura, Apa faktor- faktor pengambat dan pendukung lesson study. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan implementasi Lesson Study yang diantaranya meliputi perencanaan, pelaksanaan, refleksi dan tindak lanjut dalam pembelajaran PAI di SMP Muhammadiyah Al-Kautsar PK Kartasura. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah Al-Kautsar PK Kartasura akan terhitung pada bulan Januari 2017. Subyek penelitian adalah Guru PAI dan siswa kelas VII Faqh Usman dan Buaya Hamka, sedangkan informannya adalah guru mata pelajaran lainnya, wali murid, kepala sekolah dan siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara triangulasi metode dan sumber. Data yang telah terkumpul kemudian kemudian dianalisis dengan tahapan pengumpulan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi lesson study dalam pembelajaran PAI di SMP Muhammadiyah Al-Kautsar PK Kartasura. Secara garis besar terbagi dalam empat tahapan yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (do), refleksi (see) dan tindak lanjut (act). Pada tahap perencanaan (plan) beberapa kegiatannya adalah menyiapkan materi, membuat skenario pembelajaran (lesson plan), menyiapkan blangko untuk observer, menyiapkan tanda peserta siswa, data nama siswa (absensi). Pada tahap pelaksanaan (do) guru model melakukan kegiatan pembelajaran, observer mengamati dan mencatat semua temuan-temuan pada lembar observasi ketika proses pembelajaran berlangsung mulai dari awal sampai akhir pembelajaran. Pada tahap refleksi (see) guru model dan pengamat berupaya untuk menemukan kelebihan dan kekurangan pada proses pembelajaran yang selanjutnya dievaluasi cara mengajar yang lebih baik dari sebelumnya. Pada tahap tindak lanjut (act) guru dan observer mengetahui bagaimana lesson study dilaksanakan dan tujuan serta manfaat yang didapatkan dari lesson study. Seperti metode, strategi dan teknik yang digunakan dalam pembelajaran untuk memvariasikan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x0 Islam Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 15 Mar 2018 04:35
Last Modified: 15 Mar 2018 04:35
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1542

Actions (login required)

View Item View Item