PEMBELAJARAN Al QUR’AN DENGAN METODE QIRO’ATI DI TPQ AL-IKHLAS PERUM YARSIS BANGSREN MAKAMHAJI KARTASURA

Nindya Aswaranti, Seysar and Dr., Khuriyah, S.Ag., M.Pd. (2017) PEMBELAJARAN Al QUR’AN DENGAN METODE QIRO’ATI DI TPQ AL-IKHLAS PERUM YARSIS BANGSREN MAKAMHAJI KARTASURA. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Full Text.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Al Qur’an dengan metode Qiro’ati ini sistem dan cara membacanya dengan lancar, cepat, tepat, benar, dan tartil tanpa harus dieja. Kemudian model pengajarannya yaitu dengan menggunakan alat peraga untuk pengajaran klasikal yang berisikan materi yang ada di dalam halaman buku jilid Qiro’ati. Pengajarnya harus melakukan pendidikan dan pelatihan Qiro’ati sehingga mendapatkan ijazah resmi yang bisa digunakan untuk mengajarkan metode Qiro’ati. Maka tujuan dari penelitian ini: 1) untuk mengetahui pembelajaran Al Qur’an dengan metode Qiro’ati, dan 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari pembelajaran Al Qur’an dengan metode Qiro’ati di TPQ Al Ikhlas Perum Yarsis Bangsren Makamhaji Kartasura. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Taman Pendidikan Qur’an Al-Ikhlas Perum Yarsis Bangsren Makamhaji Kartasura pada bulan Mei sampai dengan Desember 2017. Subyek penelitian adalah ustadzah dan santri TPQ Al Ikhlas. Informan penelitian adalah kepala TPQ Al Ikhlas. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran Al Qur’an dengan metode Qiro’ati dilaksanakan sebagai berikut, yaitu persiapan pembelajaran, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Persiapan pembelajaran meliputi materi tambahan berisi do’a sehari-hari dan hafalan surat pendek sesuai jilid santri kemudian penyiapan alat peraga yang berisikan materi pada halaman jilid Qiro’ati. Kegiatan belajar mengajar selama 60 menit dilakukan dalam 4 bagian yaitu materi tambahan (15 menit) praktek alat peraga (15 menit), pengajaran individual buku jilid Qiro’ati (30 menit). Adanya penilaian atau evaluasi dilakukan 3 langkah yaitu evaluasi kenaikan jilid oleh kepala TPQ Al Ikhlas, evaluasi imtaz oleh koordinator cabang Qiro’ati, dan evaluasi ketika khotam dan imtihan oleh lembaga TPQ Al Ikhlas. 2) Faktor pendukung adanya sarana prasarana yang menunjang dan ke-istiqomah-an guru, sedangkan faktor penghambat yakni lingkungan keluarga dan kurangnya minat belajar anak.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x1 Al Quran dan Ilmu Terkait
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 15 Mar 2018 02:48
Last Modified: 15 Mar 2018 02:48
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1536

Actions (login required)

View Item View Item