INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DENGAN METODE PEMBIASAAN PADA SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 10 ANDONG BOYOLALI TAHUN AJARAN 2017/2018

Intan Nur, Kholifah and Drs., Saiful Islam, M.Ag (2017) INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DENGAN METODE PEMBIASAAN PADA SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 10 ANDONG BOYOLALI TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi fulll..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sesuai dengan UU No.20 Tahun 2003 ditegaskan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan memiliki kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Latar belakang penelitian ini adalah peserta didik kurang memahami fungsi agama dalam kehidupan sehari-hari, beberapa peserta didik sudah menjalankan ajaran Rosulluah SAW dengan baik ada juga peserta dididk yang sudah mengetahui namun tidak mengamalkanya dalam kehidupan sehari-hari, akan tetapi mengesampingkan sesuatu yang berkaitan dengan sosial keagamaan, untuk dapat mengimplementasikan masalah nilai-nilai keislaman. Internalisasi Nilai-nilai Keislaman pada siswa melalui Metode Pembiasaan diharapkan dapat menumbuhkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif. Tempat penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 10 Andong boyolali dari bulan Juni dan berakhir Agustus 2017. Subyek penelitian adalah guru dan siswa, informan dalam penelitian ini adalah Guru Agama, Kepala Sekolah, Guru BP dan siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan yang dipakai trianggulasi sumber. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan model interaktif meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi Nilai-nilai keislaman pada siswa dengan metode pembiasaan di SMP Muhammadiyah 10 Andong adalah sebagai berikut: a) Sholat duhur berjama‟ah, b). Sholat duha, c). Berjabat tangan dan mengucap salam, d) Tadarus sebelum pembelajaran dimulai, e) membaca Do‟a sebelum dan sesudah belajar dan f) Pengumpulan dana sosial. pembiasaan yang diterapkan sebagai upaya untuk menginternalisasikan nilai-nilai ajaran keislaman di SMP Muhammadiyah 10 Andong Boyolali baru sampai tahap transaksi nilai sehingga perlu upaya lain agar mencapai tahap transinternalisasi nilai. Dimana nilai-nilai keislaman benar-benar terinternalisasi dengan baik sehingga menadi motivasi dalam bertindak dan sebagai pengontrol diri pengaruh negative yang masuk.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x0 Islam Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 14 Mar 2018 01:41
Last Modified: 14 Mar 2018 01:41
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1515

Actions (login required)

View Item View Item