UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DENGAN STRATEGI BELAJAR PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) PADA SISWA KELAS VIII SMP IT AN NUR GEMOLONG SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Edi, Gunawan and Dr., Fauzi Muharom, M. Ag. (2017) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DENGAN STRATEGI BELAJAR PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) PADA SISWA KELAS VIII SMP IT AN NUR GEMOLONG SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi Komplit.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimanakah penerapan strategi belajar PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite dan Review) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas VIII SMP IT An Nur Gemolong, Sragen Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP IT An Nur Gemolong, Sragen Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah trianggulasi metode, trianggulasi sumber data, dan trianggulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif interaktif. Keberhasilan penerapan strategi belajar PQ4R dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran membaca pemahaman ini dapat dilihat dari indikator-indikator sebagai berikut: (1) siswa aktif dalam mengikuti apersepsi. Selama pelaksanaan penelitian sejak siklus I hingga siklus III, terjadi peningkatan dalam hal antusias siswa mengikuti kegiatan apersepsi. Hal ini terbukti bahwa dalam siklus I sebanyak 47% (16 siswa dari 34 siswa) mengikuti apersepsi. Pada siklus II sebanyak 64% (21 siswa dari 33 siswa) mengikuti apersepsi. Keaktifan tersebut semakin meningkat dalam pelaksanaan siklus III sebanyak 76% (25 siswa dari 33 siswa) mengikuti apersepsi; (2) siswa aktif dalam mengikuti kegiatan belajar-mengajar. Pada siklus I keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar-mengajar hanya sebesar 59% (20 siswa dari 34). Pada siklus II persentase keaktifan siswa tersebut meningkat menjadi 70% (23 siswa dari 33 siswa). Peningkatan keaktifan siswa tersebut meningkat kembali pada siklus III menjadi 82% (27 siswa dari 33 siswa); dan (3) siswa aktif dan antusis dalam kegiatan tanya jawab baik itu dengan guru maupun dengan siswa yang lain. Hal ini terbukti bahwa dalam siklus I sebanyak 50% (17 siswa dari 34 siswa) aktif dan berantusias dalam melakukan kegiatan tanya jawab serta mengerjakan tes membaca pemahaman dengan baik. Pada siklus II sebanyak 67% (22 siswa dari 33 siswa) aktif dan berantusias dalam melakukan kegiatan tanya jawab serta mengerjakan tes membaca pemahaman dengan baik. Keaktifan tersebut semakin meningkat dalam pelaksanaan siklus III sebanyak 79% (26 siswa dari 33 siswa) aktif dan berantusias dalam melakukan kegiatan tanya jawab serta mengerjakan tes membaca pemahaman dengan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sejarah kebudayaan islam melalui penerapan strategi belajar PQ4R dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar pada siswa kelas VIII SMP IT AN NUR Gemolong, Sragen.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 14 Mar 2018 01:41
Last Modified: 14 Mar 2018 01:41
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1507

Actions (login required)

View Item View Item