STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS AL-ISLAM JAMSAREN SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Dinda, Prasika and Drs. H., Suparmin, M.Pd (2018) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS AL-ISLAM JAMSAREN SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DINDA 2018 FULL TEXT.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan yang bermutu harus memiliki Sumber Daya Manusia yang baik dan berkompeten. Kepala madrasah memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Melalui strategi yang dilakukan, maka kepala MTs Al-Islam Jamsaren Surakarta dapat meningkatkan mutu pendidikannya. Madrasah ini didirikan di lingkungan yang tidak mendukung. Namun belum lama berdiri, mutu pendidikan di madrasah ini tidak kalah dengan madrasah-madrasah yang lain di Surakarta. Akhirnya pada tanggal 16 November 2015 Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Jamsaren memperoleh akreditasi B. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Al-Islam Jamsaren Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di MTs Al-Islam Jamsaren Surakarta, yang dilaksanakan pada bulan November 2017 hingga bulan Februari 2018. Subjek penelitian adalah Kepala MTs Al-Islam Jamsaren Surakarta. Sedangkan informannya adalah wakil kepala MTs Al-Islam Jamsaren Surakarta, guu-guru MTs Al-Islam Jamsaren Surakarta. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaksi dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa stategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Al-Islam Jamsaren Surakarta yaitu: (1) Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), melalui kegiatan workshop, seminar, diklat, penataran, dan sebagainya. (2) Peningkatan dari Dalam, dengan cara pemberian materi ketika rapat koordinasi bulanan. (3) Melakukan Supervisi, dengan melakukan kunjungan kelas dan menganalisa RPP yang akan digunakan guru. (4) Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), evaluasi terkait dengan proses pembelajaran yang sedang berlangsung. (5) Pembinaan Kedisiplinan Guru, melalui rapat tiap bulan dan teguran secara langsung. (6) Promosi, dengan cara menyebarkan brosur, mengadakan sosialisasi ke berbagai SD/MI se-Kecamatan Pasar Kliwon. (7) Peningkatan Sarana dan Prasarana, seperti pembuatan ruang kelas baru, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, kantin, tempat parkir, lapangan olahraga.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 14 Mar 2018 01:41
Last Modified: 14 Mar 2018 01:41
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1505

Actions (login required)

View Item View Item