PENGARUH INTENSITAS INTERAKSI GURU-SISWA TERHADAP PEMAHAMAN MATERI FIKIH DI MTs AL FALAH GEDONGAN BAKI SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Devi Fauziah, Rahmawati and ., Suyatman, S.Pd., M.Pd. (2017) PENGARUH INTENSITAS INTERAKSI GURU-SISWA TERHADAP PEMAHAMAN MATERI FIKIH DI MTs AL FALAH GEDONGAN BAKI SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Fulltext - Devi Fauziah Rahmawati- 133111073 - PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman materi Fikih karena siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran dan guru kurang memberikan motivasi dalam proses KBM. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui tingkat intensitas interaksi guru-siswa dalam proses pembelajaran Fikih kelas VIII di MTs Al Falah Gedongan Baki Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017, 2) Untuk mengetahui pemahaman materi Fikih kelas VIII di MTs Al Falah Gedongan Baki Tahun Pelajaran 2016/2017, 3) untuk mengetahui pengaruh ntensitas interaksi guru-siswa terhadap pemahaman materi Fikih siswa kelas VIII di MTs Al Falah Gedongan Baki Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan komparatif dimaksudkan untuk mengetahui tentang pengaruh intensitas interaksi guru-siswa terhadap pemahaman materi Fikih di MTs Al Falah Gedongan Baki Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket dan tes yang diberikan kepada siswa. Dengan mengambil ampel 110 dari 155 siswa. Data yang terkumpul sebelum dianalisis dilakukan uji prasyarat dengan uji normalitas menggunakan rumus Alpha sedangkan untuk mengetahui hipotesis menggunakan rumus t-test. Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Intensitas interaksi guru-siswa kelas VIII pada mata pelajaran Fikih termasuk dalam kategori sedang, hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata intensitas interaksi guru-siswa yaitu ebesar 71,67 dan standar deviasi 7,698 (2) Pemahaman materi Fikih siswa kelas VIII termasuk dalam kategori sedang, hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata ebesar 16,74 dan standar deviasi 3,078 (3) Terdapat pengaruh intensitas interaksi guru-siswa terhadap pemahaman materi Fikih siswa kelas VIII di MTs Al Falah Gedongan Baki Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017, hasil t hitung sebesar 4,98; kemudian nilai tersebut dikonsultasikan dengan t tabel, dk = n-2 yaitu dk = 110-2 = 108 dan taraf signifikansi 5% diperoleh t tabel sebesar 1,980. Sehingga dapat disimpulkan bahwa harga t hitung (4,98) > t tabel (1,980). Dengan demikian emakin tinggi intensitas interaksi guru-siswa, semakin tinggi pula pemahaman materi Fikih siswa kelas VIII di MTs Al Falah Gedongan Baki Sukoharjo. Sebaliknya semakin rendah intensitas interaksi guru-siswa maka semakin rendah pula pemahaman materi Fikih kelas VIII di MTs Al Falah Gedongan Baki Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x4 Fikih
300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 14 Mar 2018 01:41
Last Modified: 14 Mar 2018 01:41
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1502

Actions (login required)

View Item View Item