EVALUASI PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI MI MUHAMMADIYAH KERTONATAN KARTASURA SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017

Cynthia Dewi, Lestari and Dr., Khuriyah, S.Ag., M.Pd (2017) EVALUASI PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI MI MUHAMMADIYAH KERTONATAN KARTASURA SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
10. full skripsi pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Kurangnya pemantauan dari pihak madrasah terkait pelaksanaan program tahfidz yang dilaksanakan di Rumah Tahfidz Ibnu Muslim Kertonatan. (2) Kurangnya kerjasama antara pihak MI Muhammadiyah Kertonatan dan Rumah Tahfidz Ibnu Muslim Kertonatan. (3) Kurangnya kerjasama antara pengajar di Rumah Tahfidz dengan pengajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengevaluasi input dari program tahfidzul qur’an di MI Muhammadiyah Kertonatan Kartasura Sukoharjo. (2) Mengevaluasi proses pelaksanaan program tahfidzul qur’an di MI Muhammadiyah Kertonatan Kartasura Sukoharjo. (3) Mengevaluasi output siswa yang telah mengikuti program tahfidzul qur’an di MI Muhammadiyah Kertonatan Kartasura Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan di MI Muhammadiyah Kertonatan Kartasura Sukoharjo pada bulan Maret sampai November 2017. Sampel dalam penelitian ini yakni siswa kelas 2 hingga kelas 6, Kepala MI Muhammadiyah Kertonatan, Koordinator Program Tahfidz di MI Muhammadiyah Kertonatan serta Pimpinan Rumah Tahfidz Ibnu Muslim Kertonatan. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan metode, angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan rumus analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi program tahfidzul qur’an di MI Muhammadiyah Kertonatan Kartasura Sukoharjo tahun ajaran 2016/2017 yang dilihat dari 3 kategori yaitu input, proses, dan output. Hasilnya adalah; (1) Evaluasi Input dalam penelitian ini berupa karakter siswa yang mengikuti program tahfidz sudah memiliki kategori sangat baik dengan nilai interval 22-23 terdiri dari 44 siswa dengan perolehan persentase 44%. Karakter ustadz sebagai pengajar tahfidz sudah memiliki kategori sangat baik dengan skor 94 dan 91.5. Penilaian terhadap kurikulum program tahfidz memperoleh skor 93 atau kategori sangat baik. (2) Evaluasi proses pelaksanaan tahfidz memperoleh total skor 81 atau kriteria sangat baik, dengan rincian: kegiatan pra pelaksanaan program memperoleh skor 53, kegiatan pendahuluan memperoleh skor 96, kegiatan inti memperoleh skor 86 dan kegiatan penutup memperoleh skor 78. (3) Evaluasi Output siswa yang telah mengikuti tahfidz memiliki interval nilai 25-26 dengan kategori sangat baik. Adapun kualitas hafalan siswa yang memperoleh skor di atas KKM berjumlah 7 siswa atau 64%.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x1 Al Quran dan Ilmu Terkait
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 14 Mar 2018 01:41
Last Modified: 14 Mar 2018 01:41
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1500

Actions (login required)

View Item View Item