MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SEKOLAH TAHFIDZ TINGKAT DASAR (STTD) TABAROK SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Arif Nur, Hidayat and H., Shofwan Anwar Abdul Rauf, M.A. (2017) MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SEKOLAH TAHFIDZ TINGKAT DASAR (STTD) TABAROK SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi Arif 133111421.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah dalam rencana pelaksanaan pembelajaran Tahfidz Al Qur‟an yang dipakai oleh guru belum sepenuhnya dioptimalkan, guru belum dapat mengoptimalkan pembelajaran Tahfidz Al Qur‟an, dan pengelolaan pembelajaran yang kurang efektif dikarenakan masih adanya guru yang tidak membuat target mingguan, masih banyaknya siswa yang belum mencapai target hafalan yang ditentukan oleh guru dan koordinator pembelajaran tahfidz Al Qur‟an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan manajemen pemelajaran Tahfidz Al Qur‟an di STTD Tabarok Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dilakukan di STTD Tabarok Surakarta pada bulan Mei sampai dengan Agustus 2017. Subyek penelitian ini adalah guru tahfidz Al Qur‟an kelas juz 30 1C di dukun informan yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, coordinator tahfidz Al Qur‟an di STTD Tabarok Surakarta data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul diperiksa dengan triangulasi sumber data dan triangulasi metode, selanjutnya di analisis dengan model interaktif dengan tiga tahapan yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam perencanaan pembelajaran Tahfidz Al Qur‟an kelas juz 30 1C di STTD Tabarok Surakarta tahun ajaran 2017/2018, Guru tahfid Al Qur‟an hanya membuat target mingguan yang di tuliskan di dalam buku ziyadah tahfidz, sedangkan rincian dari langkah-langkah pembelajaran dalam bentuk RPP yang di buat pada awal semester yang di gunakan untuk satu semester. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan metode Dzikroni sebagai nada dan metode talaqqi. Dalam pemanfaatan media guru belum bisa memaksimalkan media. Sedangkan evaluasi dilakukan guru tahfidz Al Qur‟an dengan cara setoran mingguan, setoran mid semester dan setoran semesteran.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education > 372 Elementary education
600 Teknologi > 650 Management and auxiliary services
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 14 Mar 2018 01:40
Last Modified: 14 Mar 2018 01:40
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1493

Actions (login required)

View Item View Item