PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PROGRAM BOARDING SCHOOL DI SMP ISLAM TERPADU AR-RISALAH KEBUMEN TAHUN 2017/2018

Apriana Nur, Cahyadi and Prof. Dr. H., Usman Abu Bakar, M.A (2017) PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PROGRAM BOARDING SCHOOL DI SMP ISLAM TERPADU AR-RISALAH KEBUMEN TAHUN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
skripsi ful texs apri.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penerapan pendidikan karakter sekarang ini mutlak diperlukan bukan hanya di sekolah saja, tetapi di rumah dan di lingkungan sosial. Bahkan sekarang ini bukan hanya anak usia dini hingga remaja, tetapi juga di usia dewasa pendidikan karakter mutlak diperlukan demi kelangsungan bangsa ini. Proses pembinaan kepribadian siswa dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan sistem boarding school yang di dalamnya diciptakan lingkungan sosial yang memiliki fokus utama pada pembentukan karakter siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembentukan karakter siswa melalui program boarding school di SMP Islam Terpadu Ar-Risalah Kebumen Tahun 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif lapangan, dilaksanakan di SMP Islam Terpadu Ar-Risalah Kebumen pada bulan Juli – Agusteus 2017. Subjek penelitiannya adalah guru Pendidikan Agama Islam, pendamping boarding school dan siswa VIII SMP Islam Terpadu Ar-Risalah Kebumen, informannya adalah semua narasumber yang dapat memberikan tambahan maupun penguatan dari suatu kegiatan penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumen. Untuk mengetahui keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber dan data, sedangkan teknik analisa data interaktif dilakukan dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, kemudian penyajian dan penarikan kesimpulan. Setelah melakukan penelitian mengenai pembentukan karakter siswa melalui program boarding school di SMP Islam Terpadu Ar-Risalah Kebumen Tahun 2017/2018.diperoleh suatu kesimpulan bahwa pembentukan karakter siswa kelas VIII menggunakan pendampingan dan pembiasaan. Adapun pelaksanaan pendampingan dan pembiasaan pada saat guru memberikan pelajaran dengan memberikan contoh berulang-ulang sehingga menjadi kebiasaan siswa. Adapun proses pendampingan dan pembiasaan siswa di laksanakan 24 jam oleh pihak sekolah dan pendamping boarding school. Proses pendampingan pembiasaan ini siswa terbina karakternya.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 14 Mar 2018 01:40
Last Modified: 14 Mar 2018 01:40
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1491

Actions (login required)

View Item View Item