UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SIRAH NABAWIYAH DENGAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IX DI PONDOK PESANTREN SMP IT ASSALAAM MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2017/ 2018

Ahmad, Fauzi and Drs., Suluri, M.Pd (2017) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SIRAH NABAWIYAH DENGAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IX DI PONDOK PESANTREN SMP IT ASSALAAM MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2017/ 2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
FULL TEXT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar Sirah Nabawiyah di PONPES SMP IT Assalaam Masaran yaitu meliputi siswa yang malas belajar ketika pembelajaran Sirah Nabwiyah berlangsung, kurangnya respon siswa dan masih pasifnya siswa terhadap pelajaran Sirah Nabawiyah ketika sedang melakukan kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah Meningkatan prestasi belajar mata pelajaran Sirah Nabawiyah dengan metode mind mapping pada peserta didik kelas IX di PONPES SMP IT Assalaam Masaran Sragen Tahun Ajaran 2017/2018 Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di PONPES SMP IT Assalaam Masaran pada bulan Agustus- Desember 2017. Subjek yang menerima tindakan adalah seluruh peserta didik kelas IX di PONPES SMPI IT Assalaam Masaran berjumlah 23 peserta didik, yang terdiri dari 13 perempuan dan 10 laki- laki. Subjek yang melakukan tindakan adalah guru Sirah Nabawiyah dan peneliti. Metode pengumpulan data berupa tes hasil belajar, dokumentasi dan observasi. Batas KKM nilai Sirah Nabawiyah siswa 70. Indikator keberhasilan tindakan nilai Sirah Nabawiyah yang tuntas dalam penelitian tindakan kelas 75% dari jumlah peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode pembelajaran mind mapping yang digunakan untuk meningkatkan pembelajaran Sirah Nabawiyah pada peserta didik kelas IX pada materi Strategi dakwah Rasulullah dan Permusuhan Kafir Quraisy dengan tindakan: 1) Penyampaian materi secara klasikal dengan slide presentasi yang menarik, 2) Diskusi kelompok dengan materi setiap kelompok beda sub bab, 3) Penugasan kesetiap kelompok untuk mengerjakan tugas kemudian mempresentasikan, 4) Melakukan pendampingan supaya presentasi dan diskusinya efektif, 5) Refleksi pembelajaran yang melibatkan peserta didik, 6) Mengambil pelajaran dari materi dan memotivasi peserta didik, 7) Post test singkat untuk peserta didik . Hasilnya peserta didik yang mendapat nilai sama atau lebih tinggi dari KKM = 70 pada kondisi awal mencapai 30.43%. Setelah dilaksanakan tindakan kelas pada siklus I mencapai 52.17% dan dilanjutkan dengan pelaksanaan siklus II mencapai 82.62%. This research is based on the low learning achievement of Sirah Nabawiyah in PONPES SMP IT Assalaam Masaran that is covering students who are lazy to learn when Sirab Nabwiyah learning takes place, lack of student response and still passive of students to Sirah Nabawiyah lesson while doing teaching learning activities. The purpose of this study is to Improve the achievement of learning subjects Sirah Nabawiyah with mind mapping method in class IX students in PONPES SMP IT Assalaam Masaran Sragen Year 2017/201 The method used is a classroom action research conducted at PONPES SMP IT Assalaam Masaran in August-December 2017. Subjects who received the action were all IX class students in PONPES SMPI IT Assalaam Masaran amounted to 23 students, consisting of 13 women and 10 man. Subjects who perform the action are Sirah Nabawiyah teachers and researchers. Methods of collecting data in the form of test results of learning, documentation and observation. Limit of KKM Sirah Nabawiyah score of student 70. Indicator of success of Sirah Nabawiyah's complete action action in classroom action research 75% from number of students The result of this research shows that with the mind mapping learning method used to improve the learning of Sirah Nabawiyah to the students of class IX in the material of Propagation Strategy of Prophet and the Hostility of Kafir Quraysh with the action: 1) The delivery of classical material with interesting presentation slides, 2) Group discussion with materials for each group is different sub-chapters, 3) Assignment of each group to do the task and then present, 4) To assist the presentation and discussion effectively, 5) Reflection of learning involving learners, 6) Taking lessons from the material and motivating learners 7) Post a short test for learners. The result of the students who got the same or higher value of KKM = 70 at the initial condition reached 30.43%. After implemented the class action on the first cycle reached 52.17% and followed by the implementation of cycle II reached 82.62%

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 14 Mar 2018 01:40
Last Modified: 14 Mar 2018 01:40
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1480

Actions (login required)

View Item View Item