CYBER BRANDING KOMUNITAS LASKARSEDEKAH YOGYAKARTA MELALUI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN BERSEDEKAH

Muhammad, Efendi and Dr., Muhammad Fahmi, M.Si. (2017) CYBER BRANDING KOMUNITAS LASKARSEDEKAH YOGYAKARTA MELALUI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN BERSEDEKAH. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK MUHAMMAD EFENDI, NIM : 13.12.11.026. Cyber Branding Komunitas Laskarsedekah Yogyakarta Melalui Media Sosial Untuk Meningkatkan Bersedekah. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Surakarta. 2017. Dewasa ini jumlah penggunaan media sosial yang semakin hari semakin meningkat membuat manusia akan ketergantungan dengan adanya media sosial. Kurangnya kesadaran masyarakat dalam bersedekah ini sangat erat kaitannya dengan tingkat keimanan dan pengetahuan seseorang akan pentingnya sedekah itu sendiri. Sosialisasi akan pentingnya bersedekah diharapkan dilakukan oleh semua elemen umat islam untuk mensosialisasikan akan pentingnya bersedekah. Hal ini membuat komunitas laskarsedekah Yogyakarta mensosialisasikan akan pentingnya bersedekah melalui media sosial, ketidaksadaran masyarakat akan pentingnya bersedekah, setiap individu yang bekerja, mendapat penghasilan seharusnya memiliki kesadaran yang tinggi untuk bisa menafkahkan sebagian hartanya untuk yang membutuhkan. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti bagaimana branding yang dilakukan komunitas laskarsedekah di media sosial. Judul penelitian ini adalah “Cyber Branding Komunitas Laskarsedekah Yogyakarta Melalui Media Sosial Untuk Meningkatkan Bersedekah”. Skripsi ini merupakan penelitian mengenai cyber branding. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bagaimana cyber branding yang lakukan komunitas laskarsedekah untuk meningkatkan bersedekah melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yaitu dengan melakukan penelitian secara langsung, observasi secara mendalam serta menggambarkan dan menyajikan fakta yang ada di lapangan. Teknik analisis data dilakukan dengan menjabarkan hasil wawancara yang telah dilakukan. Aspek-aspek yang diperhatikan adalah penggunaan media sosial sebagai media branding untuk meningkatkan bersedekah. Hasil penelitian ini menunjukkan dari semua informan yang digunakan dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa cyber branding yang dilakukan komunitas laskarsedekah yogyakarta di media media sosial untuk meningkatkan bersedekah dan mengajak khalayak untuk ikut andil dalam kegiatan komunitas laskarsedekah yaitu dengan publikasi foto-foto laporan kegiatan dilengkapi dengan desain dan caption yang bagus, publikasi informasi kegiatan laskarsedekah, program komunitas laskarsedekah dan lain sebagainya. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk dari cyber branding yang dilakukan komunitas laskarsedekah Yogyakarta untuk meningkatkan bersedekah melalui media sosial facebook, twitter dan instagram. Kata Kunci : Cyber Branding, Media Sosial, Meningkatkan Bersedekah ABSTRACT MUHAMMAD EFFENDI, SRN: 13.12.11.026. Cyber Branding Laskarsedekah Yogyakarta Community through Social Media to Increase Giving Charity. Thesis. Department Of Communication and Broadcasting, Ushuluddin and Dakwah Faculty, State Islamic Institute of Surakarta. 2017. Nowadays, The number of use social media that increasingly day by day will make increasing people reliance by the existence of social media. Lack of awareness of the community in giving charity is very closely related to the level of faith and knowledge of the importance of one's alms itself. Dissemination of the importance of giving charity is expected to be done by all elements of the Muslims for disseminating the importance of giving charity. This makes the community the importance of disseminating the Yogyakarta laskarsedekah giving charity through social media, unconsciousness, and gifts of society, each individual work, earn a living should have a high awareness of being able to spend a portion of his wealth to the needy. Therefore, the authors are interested in researching how to laskarsedekah community perpetrated a branding in social media. The title of this research is the "Cyber Branding Laskarsedekah Yogyakarta Community through Social Media to increase Gifts". This thesis is the study of cyber branding. The purpose of this research is to describe how do cyber branding laskarsedekah to enhance community gifts through social media. This research uses qualitative research type by using the descriptive method to conduct a research intensive, direct and perform in depth observations, as well as describing and presenting the facts in the field. Technique of data analysis done by outlining the results of the interviews has been conducted. Aspects of note are the use of social media as the media of branding to increase giving charity. The results of this study showed that of all the informants were used in this study revealed that the laskarsedekah community perpetrated a branding of Yogyakarta. It was done by social media to increase gifts and invites audiences to participate in the activities of community laskarsedekah with the publication of photos of activity report comes with a nice design and caption information activities, publications, community programs laskarsedekah and others. It is a form of cyber laskarsedekah community perpetrated a branding of Yogyakarta to increase giving charity through social media facebook, twitter and instagram. Keywords: Cyber Branding, Social Media, Increasing Gifts

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 600 Teknologi > 605 Serial publications
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 05 Jan 2018 06:31
Last Modified: 05 Jan 2018 06:31
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1412

Actions (login required)

View Item View Item