PELAKSANAAN METODE AN-NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-MUBAROKAH, BENDOGARAP, KLIRONG, KEBUMEN TAHUN 2017

Rachmat, Priyanto and H., Abdul Ghofur, M.Ag (2017) PELAKSANAAN METODE AN-NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-MUBAROKAH, BENDOGARAP, KLIRONG, KEBUMEN TAHUN 2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rachmat Priyanto (133111031) Pelaksanaan Metode An-Nahdliyah dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Mubarokah, Bendogarap, Klirong, Kebumen Tahun 2017. Skripsi : Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : H. Abdul Ghofur. M.Ag Kata Kunci : Metode An-Nahdliyah, Pembelajaran Membaca Al-Qur‟an Pada masa sekarang orang tua kurang memberi pelajaran Al-Qur‟an kepada anaknya. Padahal Al-qur‟an adalah materi yang harus diajarkan sejak dini agar anak bisa berdampingan dengan Al-Qur‟an. TPA Al-Mubarokah datang sebagai solusi untuk memberikan pelajaran Al-Qur‟an kepada anak. Penerapan metode pembelajaran menjadi faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran, untuk itu metode An-Nahdliyah digunakan TPA Al-Mubarokah agar pembelajaran dapat berhasil sesuai dengan tujuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara mendalam tentang pelaksanaan metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an di Taman Pendidikan Al-Qur‟an Al-Mubarokah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Seting penelitian dilakukan di Taman Pendidikan Al-Qur‟an Al-Mubarokah, Desa Bendogarap, Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen. Penelitian ini dimulai sejak bulan Juni 2017 sampai Agustus 2017. Adapun subjek penelitian adalah guru yang mengajar dan informanya adalah pengasuh dan kepala Taman Pendidikan Al-Qur‟an Al-Mubarokah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Untuk analisis menggunakan teori analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pebelitian menunjukan bahwa pelaksanaan metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an di Taman Pendidikan Al-Qur‟an Al-Mubarokah dilaksanakan pada hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, Minggu, pada jam 15.30 – 17. 30. Pembelajaran menggunakan buku An-nahdliyah dan buku prestasi siwa. Dalam pembelajaran menggunkan metode An-nahdliyah melalui 3 tahap yaitu pembukaan, pembelajaran inti, didalam pembelajaran ini yang menjadi ciri khas metode ini yaitu menggunakan ketukan setik, yang mana setiap jilid ketukan setik mempunyai makna yang berbeda-beda. Dengan menggunakan ketukan setik yang berirama inilah yang menjadikan pembelajaran lebih menarik dan disukai santri dan penutup. Evalusi yang dilaksanakan yaitu evalusi harian dan evaluasi akhir jilid, evalusi harian dilaksanakan setiap selesai menyampaikan materi, sedangkan evalusi akhir jilid dilaksnakan setelah pembelajaran jilid selesai. Dengan menggunkan metode An-nahdliyah santri lebi cepat dalam belajar membaca Al-Qur‟an.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x1 Al Quran dan Ilmu Terkait
300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:41
Last Modified: 03 Jan 2018 02:41
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1200

Actions (login required)

View Item View Item