UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV MELALUI PERPADUAN STRATEGI NHT (Numbered Head Together) DENGAN ICM (Index Card Match) SD NEGERI 2 SENTING SAMBI BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Nur, Irawati Fadilah and Hj., Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV MELALUI PERPADUAN STRATEGI NHT (Numbered Head Together) DENGAN ICM (Index Card Match) SD NEGERI 2 SENTING SAMBI BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
FULL TEXT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nur Irawati Fadilah, NIM: (133111401), Juli 2017, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas IV Melalui Perpaduan Strategi NHT (Numbered Head Together) dengan ICM (Index Card Match) SD Negeri 2 Senting Sambi Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Hj. Siti Choiriyah, S. Ag, M. Ag Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Strategi NHT (Numbered Head Together), Strategi ICM (Index Card Match). Pendidikan agama Islam adalah usaha untuk memperkuat iman dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, wajib bagi kita untuk mempelajari ilmunya dengan baik dan benar. Namun yang terjadi masih banyak siswa mengalami hambatan dalam prestasi belajar akademik mata pelajaran pendidikan agama Islam. Hambatan tersebut yaitu cara penyampaian guru yang hanya menggunakan metode pembelajaran seperti ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas, itu kurang bervariasi dan bersifat monoton. Strategi NHT dan ICM adalah salah satu strategi penyampaian materi dan strategi evaluasi pembelajaran. Kedua strategi tersebut dipadukan karena dalam pelaksanaan pembelajaran siswa akan melakukan kegiatan secara berpasangan yang diarahkan oleh guru, sehingga siswa saling membantu, saling berdiskusi dalam rangka mengasah pengetahuan yang mereka kuasai.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui sejauh mana penerapan perpaduan strategi pembelajaran NHT dan ICM dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV SDN 2 Senting tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Partisipan, karena peneliti terlibat langsung sejak awal sampai dengan laporan hasil penelitian, dilaksanakan di SD Negeri 2 Senting pada bulan November 2016 sampai bulan Juli 2017. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV sebanyak 12 siswa yang terdiri dari 4 siswa dan 8 siswi. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis data interaktif dengan tahapan penyajian data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan statistik diskriptif komparatif yakni membandingkan hasil tindakan dari kondisi awal, siklus I dan siklus II. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila hasil yang dicapai setiap siklus dapat mencapai indikator kinerja yang telah ditentukan. Dari hasil penelitian yang dilakukan di SD Negeri 2 Senting Tahun Pelajaran 2016/2017, disimpulkan bahwa “Penerapan Perpaduan Strategi NHT dengan ICM dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas IV” terbukti dengan adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan pembelajaran, sebelum tindakan sebesar 41,7% (5 anak) menjadi 66,7% (7 anak) pada siklus I, dan pada siklus II meningkat menjadi 83,3% (10 anak).

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x0 Islam Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:41
Last Modified: 03 Jan 2018 02:41
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1199

Actions (login required)

View Item View Item