MANAJEMEN PERENCANAAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA

Nuning, Pratiwi and H., Syamsul Huda Rohmadi, M.Ag (2017) MANAJEMEN PERENCANAAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Full text.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nuning Pratiwi (26.10.3.1.144). Juli. 2017. Manajemen Perencanaan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SDIT Nur Hidayah Surakarta. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. IAIN Surakarta. Pembimbing : H. Syamsul Huda Rohmadi, M, Ag Kata Kunci : Manajemen Perencanaan Kurikulum, Pendidikan Agama Islam Pendidikan merupakan bekal dalam memaknai kehidupan. Kurikulum adalah jantung pendidikan. Berhasil tidaknya suatu pendidikan, mampu tidaknya seorang anak didik dan pendidik dalam menyerap dan memberikan pengajaran, dan tercapai tidaknya suatu tujuan pendidikan sangat ditentukan oleh kurikulum. Bagian terpenting dalam melakukan manajemen adalah memahami teori dari manajemen dan konsep perencanaan kurikulum itu sendiri karena hal tersebut merupakan sebuah landasan serta objek yang akan dirumuskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen perencanaan kurikulum pendidikan agama Islam di SDIT Nur Hidayah Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif, dilakukan pada bulan Mei-Juli 2017 dan bertempat di SDIT Nur Hidayah Surakarta. Subyek dalam penelitian ini adalah Waka kurikulum, sedangkan informan yaitu Kepala Sekolah, koordinator PAI, guru dan staf. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisa dengan proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah mendeskripsikan manajemen perencanaan kurikulum pendidikan agama Islam yang ada di SDIT Nur Hidayah Surakarta. Yakni: 1) Manajemen perencanaan kurikulum PAI merupakan kemampuan dalam merencanakan kesempatan-kesempatan belajar dan segala bentuk pengalaman belajar yang diterima untuk mempersiapkan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan dengan menghasilkan output siswa yang berkualitas dengan pemahaman yang benar dan daya aplikasi serta internalisasi nilai-nilai Islam dalam kehidupan secara menyeluruh dan utuh. 2) Langkah-langkah perencanaan kurikulum PAI sebagai berikut: prakiraan dengan mengadakan workshop pembinaan pendidikan yang dihadiri oleh seluruh guru, perumusan tujuan berdasarkan KI dan KD dari Dinas dan muatan yang ada pada standar PAI SDIT oleh JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu) Indonesia, pengambilan kebijakan berdasarkan hasil workshop pendidikan-evaluasi-forum guru mata pelajaran dan hasilnya dimatangkan oleh pimpinan sekolah yang kemudian dirumuskan dalam bentuk tujuan pendidikan, penyusunan berdasarkan pada kalender pendidikan dan jadwal mata pelajaran yang telah dirumuskan, pemrograman berasaskan keterpaduan dalam rangka menginternalisasikan nilai-nilai Islam secara utuh dan menyeluruh, penjadwalan, adalah penentuan waktu dalam perencanaan kurikulum adalah di awal tahun ajaran baru, sebelum peserta didik masuk sekolah, pembiayaan merupakan pembuatan RAK (Rancangan Anggaran Kerja) yang dirumuskan pada awal tahun ajaran.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x0 Islam Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 371 School management; special education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:40
Last Modified: 03 Jan 2018 02:40
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1191

Actions (login required)

View Item View Item