PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI DALAM PROSES PEMBELAJARAN FIQIH KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Nova, Aniska Lisma Latri and Hj., Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag (2017) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI DALAM PROSES PEMBELAJARAN FIQIH KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
full text.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nova Aniska Lisma Latri, (133111392) Pemanfaatan Media Pembelajaran Tiga Dimensi Dalam Proses Pembelajaran Fiqih Kelas XI Di SMA Muhammadiyah 1 Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi program studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta, 2017. Pembimbing : Hj. Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag. Kata kunci : Pemanfaatan media tiga dimensi, pembelajaran fiqih. Pemanfatan media pembelajaran tiga dimensi mempunyai peranan yang sangat penting, yaitu sebagai media pendukung dan pendampingan proses pembelajaran fiqih. Berdasarkan fakta yang ditemukan di lapangan siswa lebih suka pembelajaran dengan menggunakan media dan diadakan praktik serta siswa juga lebih mudah paham dengan materi yang disampaikan dengan media. Rumusan masalah : bagaimana pemanfaatan media pembelajaran tiga dimensi dalam proses pembelajaran fiqih kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran tiga dimensi dalam proses pembelajaran fiqih kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Klaten. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Klaten pada bulan februari sampai dengan bulan mei 2017. Subjek dalam penelitian ini adalag guru fiqih dan siswa, sedangkan informan yaitu kepala sekolah, guru PAI selain fiqih dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul uji keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data dalam menganalisis data diperoleh dengan menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari tiga langkah analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran tiga dimensi dalam proses pembelajaran fiqih kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Klaten Tahun pelajaran 2016/2017 sebagai berikut proses pembelajaran di dalam kelas guru menggunakan media yang ada di dalam kelas seperti LCD dan papan tulis, sedangkan dalam praktik menggunakan media tiga dimensi yaitu boneka, kain kafan, perlengkapan memandikan dan tempat pemakaman. Di samping itu juga menggunakan beberapa metode dalam pembelajaran itu yaitu dengan metode ceramah, Tanya jawab dan demonstrasi. Proses penggunaan media tiga dimensi dimulai dari guru menjelaskan materi, kemudian dilanjutkan dengan praktik. Media tiga dimensi tidak hanya digunakan dalam materi jenazah tapi juga materi lainnya yang sifatnya praktik seperti haji dan zakat. Dalam pelaksanaan pembelajaran fiqih terdapat faktor pendukung diantaranya adanya guru fiqih yang paham tentang media dengan baik, tersedianya media dan sarana lainnya yang cukup lengkap dan faktor penghambat yaitu minimnya waktu pembelajaran fiqih dalam praktik sehingga harus menggunakan jam pelajaran guru lain.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x4 Fikih
300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 378 Higher education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:40
Last Modified: 03 Jan 2018 02:40
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1189

Actions (login required)

View Item View Item