PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN AL QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL QUR’AN (TPA) RIYADLUS SHOLIHIN DESA KALICEBONG KRASAK TERAS BOYOLALI TAHUN 2016/2017

Nanik, Umaroh and Dra. Hj., Noor Alwiyah, M.Pd (2017) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN AL QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL QUR’AN (TPA) RIYADLUS SHOLIHIN DESA KALICEBONG KRASAK TERAS BOYOLALI TAHUN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full Text.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nanik Umaroh, Juli 2017, Pengembangan Pembelajaran Al Qur‟an Di Taman Pendidikan Al Qur‟an (TPA) Riyadlus Sholihin Desa Kalicebong Krasak Teras Boyolali Tahun 2016/2017, Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Pembimbing : Dra. Hj. Noor Alwiyah, M. Pd. Kata Kunci : Pengembangan Pembelajaran, Al Qur‟an Masalah dalam penelitian ini adalah banyak anak-anak khususnya di desa Kalicebong yang tidak mampu membaca Al Qur‟an dengan baik dan benar sehingga orang tua memasukkan anaknya ke lembaga TPA. Karena pembelajaran difokuskan pada anak, pembelajaran di TPA harus dikelola agar menarik dan menyenangkan. Banyak lembaga TPA yang menggunakan materi dan kurikulum yang terbatas yakni hanya membaca dan menulis Al Qur‟an. TPA Riyadlus Sholihin berupaya mengembangkan komponen pembelajaran yang ada seperti materi, strategi, serta media sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi anak-anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Proses pengembangan pembelajaran Al Qur‟an di TPA Riyadlus Sholihin Desa Kalicebong Krasak Teras Boyolali tahun 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif, dilaksanakan di TPA Riyadlus Sholihin pada bulan Februari sampai Juli 2017. Subyek penelitian adalah ketua TPA dan ustadzah kelas B1 TPA Riyadlus Sholihin, informannya adalah santri-santri TPA, ustad dan ustadzah TPA, Kepala Desa, takmir Masjid. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasistrategi, sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan analisis interaktif dengan langkah-langkah yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan pembelajaran Al Qur‟an di TPA Riyadlus Sholihin meliputi pengembangan komponen materi yakni pengetahuan keagamaan meliputi materi akidah akhlak, tauhid, tahsin bacaan, kitabah, dan sirah; keterampilan keagamaan meliputi pembiasaan berdo‟a, sholat berjama‟ah, membaca iqro‟, melakukan simulasi berbagai adab keseharian; pengalaman keagamaan meliputi pengalaman menjalankan sholat, pengalaman mengaji, pengalaman menerapkan materi tahsin, pengalaman kitabah; penghayatan tauhid meliputi kegiatan tadabur alam, keyakinan tentang kebenaran kisah Nabi lewat film. Pengembangan pembelajaran melalui beberapa tahapan: menentukan tujuan pembelajaran, merencanakan program pembelajaran yang diterapkan, persiapan pelaksanaan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, melakukan evaluasi. Pengembangan komponen strategi pembelajaran meliputi hafalan dengan strategi talaqqi, muroja‟ah, dengan irama muri-q (murattal irama Qur‟an), permainan adapun pengembangan komponen media pembelajaran meliputi LCD untuk menonton film, media alam dalam kegiatan tadabur alam, penggunaan buku dalam pembelajaran kitabah. ABSTRACT Nanik Umaroh, July 2017, Development of Qur'an Learning In Quran Educational Park (TPA) Riyadlus Sholihin Village Kalicebong Krasak Terrace Boyolali Year 2016/2017, Thesis: Islamic Education Department, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Institute of Islamic Religion Negeri Surakarta. Counselor : Dra. Hj. Noor Alwiyah, M. Pd. Keywords : Development of Learning, Al Qur'an The problem in this study is that many children, especially in the village of Kalicebong who are unable to read the Qur'an properly and correctly so that parents enter their children to the TPA institution. Because learning is focused on children, learning in the TPA should be managed in order to be interesting and fun. Many TPA institutions use limited materials and curricula that only read and write the Qur'an. TPA Riyadlus Sholihin seeks to develop existing learning components such as materials, strategies, and media so that the learning process becomes more interesting and fun for children. The purpose of this research is to know: The process of learning development of Qur'an at TPA Riyadlus Sholihin Village Kalicebong Krasak Teras Boyolali year 2016/2017. This research uses descriptive qualitative approach, conducted in Riyadlus Sholihin Landfill in February to July 2017. The research subjects are TPA and Qust court teacher B1 TPA Riyadlus Sholihin, the informants are TPA students, ustad and ustadzah TPA, Village Head, takmir Mosque. The data collection used is observation, interview, documentation. To know the validity of data using triangulation technique of source and triangulation strategy, while data analysis technique is done by interactive analysis with the steps used is data reduction, data presentation, and data withdrawal. Based on the result of the research, it can be concluded that the development of Qur'anic learning in Riyadlus Sholihin Landfill covers the development of material component that is religious knowledge covering matters of morality, monotheism, reading tahsin, kitabah, and sirah; religious skills include habitual praying, praying in congregation, reading iqro', doing simulations of everyday life; Religious experiences include the experience of practicing prayer, the experience of reciting, the experience of applying tahsin material, the experience of the kitabah; Appreciation of tauhid includes nature tadabur activities, beliefs about the truth of the story of the Prophet through the film. Development of learning through several stages: determining learning objectives, planning the learning program is applied, preparation of learning implementation, carry out learning, to evaluate. Development of learning strategy components include rote with talaqqi strategy, muroja'ah, with muri-q rhythm (murattal rhythm of Qur'an), games as for development of learning media component include LCD for watching film, natural media in nature tadabur activities, use of book in learning Kitabah.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x1 Al Quran dan Ilmu Terkait
300 Ilmu Sosial > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:40
Last Modified: 03 Jan 2018 02:40
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1185

Actions (login required)

View Item View Item