UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DI MTsN FILIAL PULUTAN NOGOSARI BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Muhammad, Misbahul Fikri and Yayan, Andrian, S.Ag. M.Ed. Mgmt (2017) UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DI MTsN FILIAL PULUTAN NOGOSARI BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
COVER SAMPA LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Misbahul Fikri, Juli 2017 (12.31.1.1.285). Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Sosial Guru di MTsN Filial Pulutan Nogosari Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi : Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Yayan Andrian, S.Ag., M.Ed.Mgmt Kata Kunci : Kepala Madrasah, Kompetensi Sosial, Guru Masalah dalam penelitian ini adalah berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah dalam meningkatkan kompetensi guru namun belum menunjukan hasil yang signifikan, masih rendahnya kompetensi yang dimiliki oleh guru madrasah pada umumnya salah satunya adalah kompetensi sosial. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi sosial guru di MTsN Filial Pulutan Nogosari Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari-Juli 2017. Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah MTsN Fillial. Informan dalam penelitian ini adalah Guru MTsN Filial Pulutan Nogosari Boyolali, siswa di MTsN Fililal. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan triangulasi sumber, Teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi sosial guru adalah: 1) Mengikut sertakan KKG (Kelompok Kerja Guru) madrasah untuk meningkatkan kompetensi sosial guru dalam peningkatan kompetensi sosial guru dengan guru-guru yang lain di luar madrasah serta memperluas wawasan guru tentang kompetensi sosial guru. 2) Mengikut sertakan Guru diskusi dan workshop untuk mengikuti workshop bertujuan agar guru mampu berkomunikasi dengan baik dan benar, karena dalam pembelajaran sebelumnya seorang guru juga harus mahir dalam berkomunikasi terhadap sesama yang paling utama. Dengan adanya upanya mengikutkan guru ke workshop, agar guru mampu memahami dan bisa berkomunikasi dengan masyarakat dengan baik dan benar. 3) Mengadakan Pelatihan guru dalam pemanfaatan teknologi dan informasi. Teknologi komunikasi dan informasi yang berkembang dengan pesat memanfaatkan teknologi komunikasi ini untuk kepentingan pembelajaran, bermasyarakat,dan berorganisasi dengan banyak orang. 4) Memotifasi Guru untuk meningkatkan kompetensi sosial guru memerlukan motivasi dan dukungan dari berbagai pihak, salah satunya motivasi dari kepala madrasah. Kepemimpinan kepala madrasah memiliki pengaruh terhadap komunikasi guru, 5) Mengikutsertakan Guru dalam kegiatan bermasyarakat, Keikutsertaan guru dan siswa dalam bermasyarakat adalah upaya kepala madrasah yaitu dengan melakukan sumbangan sukarela bagi siswa dan guru yang akan diserahkan ke Panti asuhan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:39
Last Modified: 03 Jan 2018 02:39
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1174

Actions (login required)

View Item View Item