UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA MENGHAFAL AL-QUR’AN MELALUI PROGRAM TAHFIDZ JUZ ‘AMMA DI MTs MA’ARIF ANDONG BOYOLALI TAHUN 2017/2018

Umi, Lativatul Muabadah and Dr. H., Baidi, M.Pd (2017) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA MENGHAFAL AL-QUR’AN MELALUI PROGRAM TAHFIDZ JUZ ‘AMMA DI MTs MA’ARIF ANDONG BOYOLALI TAHUN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Umi Lativatul Muabadah, 2017,Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Menghafal Al-Qur‟an Melalui Program Tahfidz Juz „Amma Di MTs Ma‟arif Andong Boyolali Tahun 2017/2018,Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Dr.H. Baidi, M.Pd Kata Kunci: Guru PAI, Motivasi, Menghafal Al-Qur‟an Menghafal Al-Qur‟an merupakan perbuatan yang sangat mulia sebagai usaha umat Islam dalam menjaga kemurnian kitab Al-Qur‟an. Menghafal Al- Qur‟an dibutuhkan niat yang lurus dan ikhlas, konsentrasi penuh, harus gigih, bersemangat tinggi, istiqomah dan disiplin. MTs Ma‟arif Andong merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menjadikan program Tahfidz sebagai program unggulan. Seluruh siswa diwajibkan untuk mengikuti program Tahfidz. Siswa di usia mereka sudah memasuki masa remaja sebagai periode yang penuh resiko karena sebagian besar anak muda mengalami kesulitan untuk menangani begitu banyak perubahan yang terjadi dalam satu waktu dan tentu sangat membutuhkan bantuan dari orang lain, maka diperlukan sosok guru yang mampu berupaya sedemikian rupa di dalam proses pembelajaran Tahfidz supaya tercapai tujuan dari program Tahfidz di MTs Ma‟arif Andong.Berdasarkan paparan diatas peneliti ingin mengetahui lebih dalam tentangUpaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Menghafal Al-Qur‟an Melalui Program Tahfidz Juz „Amma di MTs Ma‟arif Andong Boyolali Tahun 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, penelitian dilakukan mulai pada bulan Desember 2016 sampai dengan Agustus 2017 yang berada di MTs Ma‟arif Andong Boyolali. Subyek penelitian ialah guru PAI, sedangkaninforman penelitian ialah kepala sekolah dan siswa MTs Ma‟arif Andong Boyolali. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini digunakan triangulasi. Tahapan selanjutnya analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian tentang Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Menghafal Al-Qur‟an Melalui Program Tahfidz Juz „Amma di MTs Ma‟arif Andong Boyolali Tahun 2017/2018 yaitu: dalam proses pelaksanaan program Tahfidz guru PAI menyampaikan tentang ahammiyah dan manfaat menghafal Al-Qur‟an,memecahkan problem yang dimiliki oleh peserta didik, menciptakan hubungan harmonis dengan peserta didik, memberikan pujian dan juga penghargaan terhadap prestasi peserta didik dalam menghafal Al-Qur‟an, menjaga motivasi peserta didik dengan memberikan penilaian raport, dan berkolaborasi dengan guru mapel dal

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x1 Al Quran dan Ilmu Terkait
300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:38
Last Modified: 03 Jan 2018 02:38
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1154

Actions (login required)

View Item View Item