KRITERIA GURU MENURUT PAKUBUWONO IV DAN AZ-ZURNUJI (STUDI KOMPARASI SERAT WULANGREH DAN TA’LIM MUTA’ALIM)

Masruroh, Masruroh and Dr., Ja’far Assagaf, M.A. (2017) KRITERIA GURU MENURUT PAKUBUWONO IV DAN AZ-ZURNUJI (STUDI KOMPARASI SERAT WULANGREH DAN TA’LIM MUTA’ALIM). skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Masruroh (26.10.3.1.117)Kriteria Guru Menurut Pakubuwono IV Dan Az- Zarnuji (Studi Komparasi Serat Wulangreh Dan Ta‟lim Muta‟alim). Pembimbing: Dr. Dja‟far Assegaf M.A Kata kunci: Kriteria Guru, Studi Komparasi Penelitian terhadap serat Wulangreh yang merupakan karya dari Paku Buwana IV dan juga kitab Ta‟limul Muta‟allim karya Syaikh al-Zarnuji ini berangkat dari rumusan masalah: a) Apa Kriteria guru menurut Pakubuwana IV dalam serat Wulangreh dan Al-Zarnuji dalam kitab Ta‟lim al-Muta‟alim?.; b) Bagaimana komparasi pemikiran Pakubuwana IV dan al-Zarnuji tentang kriteria guru dalam konteks kekinian?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kriteria guru menurut Pakubuwana IV dalam serat Wulangreh dan Al-Zarnuji dalam kitab Ta‟lim al-Muta‟alim. 2) Komparasi antara pemikiran Pakubuwana IV dan al-Zarnuji tentang kriteria guru. Penelitian ini bersifat kepustakaan dan menggunakan metode komparasi. Sumber primernya diambil dari terjemahan Serat Wulangreh dan kitab Ta‟lim al- Muta‟allim bi Thariqat al-Ta‟allum. Sementara itu, sumber sekundernya diambil dari buku-buku,tulisan-tulisan lain yang berkaitan dengan penelitian. Penelitian ini menggunakan teori komparasi, sedangkan dalam mengemukakan hasil penelitian menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kriteria guru menurut Paku Buwana IV dalam serat wulangreh adalah: a) Bermartabat; b) Paham Hukum; c) Rajin Beribadah dan Saleh; d) Teguh Imannya; e) Ikhlas, sedangkan kriteria guru menurut Syaikh al-Zarnuji dalam kitab Ta‟limul Muta‟allim adalah: a) Lebih Alim; b) Lebih Wara‟; c) Lebih Tua. 2) Hasil kajian terhadap pemikiran dua tokoh tersebut dapat dikomparasikan serta dirumuskan persamaan dan perbedaan dari kriteria guru menurut Paku Buwana IV dan Syaikh al-Zarnuji: a) Persamaan kriteria tersebut yaitu: (1) Kriteria guru bermartabat, paham hukum yang tertulis dalam kriteria guru menurut Pakubuwono IV merupakan penjabaran dari kriteria “lebih Alim” dalam kriteria yg di gagas al-Zarnuji, seseorang dikatakan lebih alim apabila mempunyai sifat iffah yang berarti memelihara diri dari yang haram dan bisa membedakan mana yang baik dan buruk, (2) Kriteria “Rajin beribadah dan Shaleh, memiliki keteguhan Iman serta Ikhlas” terkandung dalam kriteria “lebih Wara‟” dalam pemikiran al- Zarnuji, seseorang dikatakan lebih wara‟ berarti dalam mengambil suatu keputusan akan hati-hati dan secara otomatis orang tersebut rajin beribadah, mempunyai keteguhan iman serta ikhlas dalam melakukan sesuatu hal untuk menjaga niatnya. b) Perbedaan kriteria guru pada hasil kajian terletak pada kriteria “ Lebih Tua” menurut gagasan al-Zarnuji, merupakan kekhasanahan pemikiran al-Zarnuji dalam memilih sosok guru.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 800 Sastra > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:37
Last Modified: 03 Jan 2018 02:37
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1147

Actions (login required)

View Item View Item