PENGARUH PENGGUNAAN METODE MENGAJAR MEMBACA AL-QURAN AN-NAHDLIYAH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN DI TPQ AL MUBAROKAH, DESA BENDOGARAP, KECAMATAN KLIRONG, KABUPATEN KEBUMEN, TAHUN 2017

Suharyadi, Suharyadi and Dr. H., Purwanto, M. Pd (2017) PENGARUH PENGGUNAAN METODE MENGAJAR MEMBACA AL-QURAN AN-NAHDLIYAH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN DI TPQ AL MUBAROKAH, DESA BENDOGARAP, KECAMATAN KLIRONG, KABUPATEN KEBUMEN, TAHUN 2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suharyadi, (133111028), Pengaruh Penggunaan Metode Mengajar Membaca Al-Quran An-Nahdliyah Terhadap Kemampuan Membaca Al-Quran di TPQ Al-Mubarokah Bendogarap Klirong Kebumen Tahun 2017. Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Dr. H. Purwanto, M.Pd. Kata Kunci : Metode Mengajar Membaca Al-Quran An-Nahdliyah, dan Kemampuan Membaca Al-Quran. Di zaman sekarang saat usia memasuki fase remaja masih banyak yang tidak bisa dalam membaca al-Quran. Adapun yang bisa membaca al-Quran tetapi kurang lancar atau tidak lancar. Hal tersebut merupakan suatu masalah bagi umat Islam terutama dalam membaca al-Quran yang disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca al-Quran adalah keaktifan santri dalam mengikuti pembelajaran masih rendah, motivasi belajar santri yang masih rendah, latar belakang pendidikan agama santri, dan ketidaksesuaian metode mengajar membaca al-Quran. Metode mengajar membaca al-Quran yang tepat akan meningkatkan kemampuan membaca al-Quran menjadi lebih baik. Salah satu metode mengajar membaca al-Quran menggunakan metode mengajar membaca al-Quran An-Nahdliyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode membaca al-Quran An-Nahdliyah terhadap kemampuan membaca al-Quran di TPQ Al-Mubarokah Bendogarap, Klirong, Kebumen tahun 2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan one group pretest-postest design. Penelitian ini dilaksanakan di TPQ Al-Mubarokah Bendogarap, Klirong, Kebumen. Santri yang menjadi populasi sebanyak 93 yang terbagi menjadi 6 jilid kelas kemudian dibagi menjadi dua kelompok yaitu 38 santri kelompok eksperimen dan 38 santri kelompok kontrol. Sampel yang digunakan stratified random sampling diambil menggunakan rumus krecjie. Data yang terkumpul sebelum dianalisis dilakukan uji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas varians. Selanjutnya untuk menguji hipotesis menggunakan rumus t-test. Berdasarkan analisis secara statistik, harga t hitung adalah 7,55. Taraf signifikasi α = 0,55 adalah 1,69. t hitung (7,55) > t tabel (1,69). Ha diterima karena t hitung (7,55) > t tabel (1,69) pada taraf signifikasi 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode mengajar membaca al-Quran An-Nahdliyah terhadap kemampuan membaca al-Quran di TPQ Al-Mubarokah Bendogarap, Klirong, Kebumen Tahun 2017.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 375 Curriculums
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:37
Last Modified: 03 Jan 2018 02:37
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1142

Actions (login required)

View Item View Item