MANAJEMEN PEMBELAJARAN FIQIH PADA KELAS UNGGULAN DI SMP MTA GEMOLONG SRAGEN TAHUN 2016/2017

LINDA, ISTIQOMAH and Drs. H., Suparmin, M.Pd (2017) MANAJEMEN PEMBELAJARAN FIQIH PADA KELAS UNGGULAN DI SMP MTA GEMOLONG SRAGEN TAHUN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
full lengkap.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Linda Istiqomah (133111354), Manajemen Pembelajaran Fiqih pada kelas unggulan di SMP MTA Gemolong Sragen Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi: Jurusan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs. H. Suparmin, M P.d Kata Kunci: manajemen pembelajaran, Kelas Unggulan Adanya permasalahan yang menunjukkan bahwa proses pelaksanaan manajemen pembelajaran fiqih terdapat permasalahan-permasalahan yang dihadapi terkait dengan fasilitas, motivasi siswa, dan hasil prestasi siswa dan Pemberian jam tambahan pelajaran Pendidikan Agama Islam kepada siswa belum maksimal sehingga siswa masih kekurangan jam pelajaran pembelajaran fiqih.Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaa, pelaksanaan dan evaluasi Manajemen pembelajaran Fiqih di SMP MTA Gemolong Sragen Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu dengan penelitian kualitatif deskriptif penelitian ini dilaksanakan di SMP MTA Gemolong Sragen yang terletak di Desa Gemolong. Penelitian ini direncanakan akan dilakukan pada bulan Januari sampai denan bulan Juli 2017.sumber data yang digunakan dalam penelitian: (1) subjek penelitian adalah Guru Fiqih yaitu Ibu Mahmudah (2) informan penelitian ini diantaranya adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan Guru Fiqih. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajarn fiqih di SMP MTA Gemolong Sragen, bahwa: a) dalam perencanaan pembelajaran telah terdapat kesesuaian isi rencana pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran dengan proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. b) adanya pelaksanaan pembelajaran telah dilakukan oleh guru dengan baik oleh pihak guru sesuai dengan pelaksanaan pembelajaran. c) adanya hasil evaluasi yang dilakukan guru fiqih sudah sesuai dengan lancar, namun secara pihak perlu adanya pemantapan kembali. Sehingga manajemen pembelajaran fiqih dikelas unggulan bisa lebih maksimal. Dan tingkat relevansi pada kelas unggulan bias mendapatkan hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x4 Fikih
300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:37
Last Modified: 03 Jan 2018 02:37
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1138

Actions (login required)

View Item View Item