UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENANAMKAN KEMANDIRIAN SHALAT PADA ANAK AUTIS DI SLB AUTIS HARMONY SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Surakarta Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Guna Memperoleh Gelar Sarjana Dalam Bidang Pendidikan Agama Islam Oleh : SITI NURULLITA ZAHRA 133111386 JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SURAKARTA 2017

Siti, Nurullita Zahra and Dr., Khuriyah, S.Ag., M.Pd. (2017) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENANAMKAN KEMANDIRIAN SHALAT PADA ANAK AUTIS DI SLB AUTIS HARMONY SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Surakarta Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Guna Memperoleh Gelar Sarjana Dalam Bidang Pendidikan Agama Islam Oleh : SITI NURULLITA ZAHRA 133111386 JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SURAKARTA 2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Siti Nurullita Zahra, 2017, Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Menanamkan Kemandirian Shalat Pada Anak Autis di SLB Autis Harmony Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Dr. Khuriyah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci : Guru PAI, Kemandirian Shalat, Anak Autis Gangguan perkembangan yang dialami anak autis menjadikan kurangnya komunikasi dan rasa cuek terhadap lingkungan sosialnya. Kurangnya komunikasi ini menjadikan anak autis tenggelam dengan dunianya sendiri, ia hanya fokus pada hal-hal yang disukainya saja. Meskipun demikian, anak autis tetap memiliki potensi yang dapat dikembangkan salah satunya dengan mengenalkan shalat karena dari macam gerakan yang harus dilakukan dalam shalat mampu memperbaiki fokus konsentrasi dan mengasah panca indera anak autis. Di SLB Autis Harmony Surakarta terdapat penanaman kemandirian shalat, hal ini diawali dari suatu pembiasaan yang menjadi rutinitas pagi sebelum proses belajar mengajar dilaksanakan. Dengan pembiasaan yang terus diulang-ulang dan berbagai tahapan yang dilakukan guru PAI, sehingga anak autis mulai terbiasa mandiri dalam melaksanakan shalat. Maka tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui upaya guru PAI dalam menanamkan kemandirian shalat pada anak autis dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari upaya guru PAI dalam menanamkan kemandirian shalat pada anak autis di SLB Autis Harmony Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Tempat penelitian dilaksanakan di SLB Autis Harmony Surakarta pada bulan Januari 2017 sampai Juni 2017. Subyek penelitian adalah guru PAI dan anak autis yang memiliki IQ tinggi. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas dan anak autis. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya guru PAI dalam menanamkan kemandirian shalat pada anak autis dilakukan dengan pembiasaan melalui beberapa tahap yaitu tahap pengenalan, tahap pendampingan, tahap pramandiri, dan tahap mandiri. Tahap pengenalan yakni mengenalkan gerakan dan bacaan shalat melalui media gambar. Tahap pendampingan yakni tahap awal membiasakan anak untuk melaksanakan shalat, posisi guru berada sejajar atau berdampingan dengan anak. Tahap pramandiri yakni anak mulai dilepas untuk memulai gerakan dan bacaan sendiri. Tahap mandiri yakni guru tidak lagi mendampingi anak untuk shalat disampingnya, guru memposisikan diri sebagai pengamat saja dan duduk di samping anak. 2) Faktor pendukung adanya sarana prasarana yang menunjang dan ke-istiqomah-an guru, sedangkan faktor penghambat yakni lingkungan keluarga dan kondisi anak autis.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x0 Islam Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:36
Last Modified: 03 Jan 2018 02:36
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1135

Actions (login required)

View Item View Item