PENGARUH PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH (PR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI EMPAT MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN CEPOGO BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Siti, Ngaisah and Drs. H., Suparmin, M.Pd (2017) PENGARUH PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH (PR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI EMPAT MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN CEPOGO BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
FULL TEXT PDF.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Siti Ngaisah Januari 2017, (113112016),Pengaruh Pemberian Pekerjaan Rumah (PR) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Empat Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Cepogo Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017 Pembimbing : I.DrsH. Suparmin, M.pd., II. Suyatman, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Pekerjaan rumah, prestasi belajar Masalah dalam penelitian ini adalah pemberian pekerjaan rumah terhadap prestasi belajar kelas V pada mata pelajaran Fiqih di empat Madrasah Ibtidaiyah kecamatan Cepogo Boyolali masih belum optimal atau masih rendah. Pekerjaan Rumah mata pelajaran Fiqih dirasa masih berat oleh siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran fiqih kelas V di empat MI sekecamatan Cepogo Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis Penelitian ini menggunakan Penelitian kuantitatif.Penelitian ini dilaksanakan di empat MI di kecamatan Cepogo Boyolali.Waktu penelitian dilakukan pada bulan Oktober sampai Desember 2015.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa diempat MI kecamatan Cepogo Boyolali yang berjumlah 65,pengambilan sampel dengan cara mengambil seluruh populasi penelitianyaitu 65 sampel. Proses pengumpulan data dilakukan dengan angket. Hasil pengujian validitas angket pekerjaan rumah terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih, diketahui rXY pekerjaan rumah terhadap prestasi belajar siswa lebih besar dari rtabel(95%;20) yaitu sebesar 0,444. Hal ini menunjukkan bahwa seluruh item dalam angket pekerjaan rumah terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih memenuhi kriteria valid. Dengan kata lain seluruh angket pekerjaan rumah terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih siswa dinyatakan valid.Data yang terkumpul sebelum dianalis dilakukan analisis unit,uji prasyarat normalitas dan selanjutnya data diuji dengan r hitung product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Tingkat pemberian pekerjaan rumah terhadap prestasi belajar fiqih siswa kelas V di empat MI kecamatan Cepogo Boyolali tahun 2016/2017 kategori rendah ada 10 siswa (15,38%), kategori sedang sebanyak 40 siswa (61,54%), dan kategori tinggi ada 15siswa ( 23,08%). Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar pemberian pekerjaan rumah terhadap prestasi belajar siswa kelas V di empat MI kecamatan cepogo boyolali adalah dalam kategori sedang. (2) Prestasi hasil belajar untuk mata pelajaran fiqih kelas V di empat MI Kecamatan Cepogo Boyolali dari segi nominasi adalah baik. Dengan kategori rendah ada 5 siswa (7,69%), kategori sedang sebanyak 45 siswa (69,23%), dan kategori tinggi ada 15 siswa (23,08%). Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar pemberian pekerjaan rumah (PR) terhadap prestasi belajar fiqih adalah dalam kategori sedang..(3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pemberian pekerjaan rumah dengan prestasi belajar kelas v pada mata pelajaran fiqih di empat MI Kecamatan Cepogo Boyolali( rxy 0,297 rtabel 0,244)..Hal ini menunjukkan bahwa semakin sering guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa semakin baik pula hasil prestasi belajar siswa kelas v pada mata pelajaran fiqih.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x4 Fikih
300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:36
Last Modified: 03 Jan 2018 02:36
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1132

Actions (login required)

View Item View Item