IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SOFT SKILLS PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN MADRASATUL QUR’AN BOYOLALI TAHUN 2017

LAFENDI, LAFENDI and Drs., Subandji, M.Ag (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SOFT SKILLS PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN MADRASATUL QUR’AN BOYOLALI TAHUN 2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Full Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lafendi, (133 111 090), Implementasi Pendidikan Soft Skills pada Santri di Pondok Pesantren Madrosatul Qur’an Boyolali Tahun 2017, Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Drs. Subandji, M. Ag. Kata Kunci : Pendidikan Soft Skills, Pondok Pesantren Rendahnya kemampuan soft skills yang dimiliki siswa sampai tingkat mahasiswa, mereka rata-rata sudah bagus dalam penguasaan hard skills, tetapi masihkurang dalam soft skills. Dalam ituhal terjadi karena proses pembelajarannya, orang tua maupun guru belum secara konsisten menampakkan pengembangan soft skills kepada siswa, terutama dalam penguasaan berkomunikasi, rasa empati, dan atribut soft skills lainnya yang bermanfaat bagi siswa dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Bukan hanya di lingkungan akademisi dituntut untuk mengembangkan soft skills, tetapi pengasahan soft skills juga di dalam agama disuruh untuk mengasahnya supaya menjadi seorang yang profesional dan ahli dibidang yang digeluti. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis tentang cara yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Madrosatul Qur’an Boyolali untuk mengimplementasikan soft skills santri dalam pembelajaran atau diluar proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pendidikan soft skills santri Madrosatul Qur’an Boyolali terdiri dari kemampuan interpersonal dan personal. Pondok pesantren Madrosatul Qur’an melakukan implementasi pendidikan soft skills melaui tiga langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Ketiga langkah ini mampu mengembangkan soft skills santri secara bertahap.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:36
Last Modified: 03 Jan 2018 02:36
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1128

Actions (login required)

View Item View Item