PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI NARAPIDANA NARKOTIKA DI RUTAN KLAS 1 SURAKARTA TAHUN 2017

Hanif, Dhiaulhaq and Drs., Sukirman, M.Ag (2017) PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI NARAPIDANA NARKOTIKA DI RUTAN KLAS 1 SURAKARTA TAHUN 2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
FULL.pdf

Download (810kB) | Preview

Abstract

Hanif Dhiaulhaq, 2017, Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam bagi Narapidana Narkotika di Rutan Klas 1 Surakarta Tahun 2017, Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Drs. Sukirman, M.Ag. Kata kunci: Pendidikan Islam, Narapidana, Rumah Tahanan. Latar belakang penelitian ini adalah Pendidikan agama Islam merupakan faktor penting bagi terbentuknya moral manusia. Banyak Lembaga Permasyarakatan atau Rumah Tahanan yang menggunakan Pendidikan agama Islam sebagai bahan ajar. Rumah Tahanan Klas 1 Surakarta merupakan Rumah Tahanan yang memperhatikan pendidikan untuk para narapidana, dan Rumah Tahanan Klas 1 Surakarta menggunakan Pendidikan Agama Islam sebagai bahan pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pendidikan agama Islam meliputi materi dan metode apa yang diberikan untuk narapidana ketika pelaksanaan pendidikan agama Islam. Tujuan diberkanya pendidikan agama Islam di Rutan Klas 1 Surakarta agar narapidana lebih mengenal ajaran Islam dan menyadari kesalahan yang telah diperbuat serta tidak mengulanginya kembali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan mengambil setting tempat penelitian Rumah Tahanan Klas 1 Surakarta pada bulan Mei sampai bulan Juli 2017. Subyek dalam penelitian ini adalah uztad yang mengajar dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam. Sedangkan informan dalam penelitian ini adalah narapidana dan petugas Rumah Tahanan Klas 1 Surakarta. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Metode analisis data dalam penelitian menggunakan analisis interaktif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pendidikan agama Islam di Rumah Tahanan Klas 1 Surakarta dilaksanakan dengan berbagai bentuk kegiatan secara terjadwal diantaranya: 1) Pelaksanaan kegiatan TPA, tausyiah sebelum dzuhur, pesantren kilat, pembinaan mental untuk narapidana baru, pembinaan shalat untuk narapidana baru, bedah Al-Qur‟an, pelaksanaan hari raya Islam dan penyembelihan hewan kurban. Tujuan dari kegiatan ini agar narapidana lebih mengenal pendidikan agama Islam sehingga mereka menyadari bahwa tindakan yang mereka lakukan tidak benar dan tidak mengulangi kesalahan yang telah diperbuat. 2) Materi yang diberikan dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam adalah akidah, syari‟ah dan akhlak. Metode yang digunakan diantaranya: metode keteladanan, metode tanya jawab, metode ceramah, metode kisah, metode sorogan, metode pemberian hukuman, metode nasihat dan metode pemberian ganjaran. Semua metode diterapkan sesuai kondisi.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x0 Islam Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:35
Last Modified: 03 Jan 2018 02:35
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1117

Actions (login required)

View Item View Item