PENERAPAN INTEGRASI KURIKULUM PONDOK PESANTREN DAN KURIKULUM KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DI SMP NAWA KARTIKA SELOGIRI WONOGIRI TAHUN AJARAN 2016/2017

Franciska, Desy Indriani and Yayan, Andrian, S.Ag., M.Ed. Mgmt. (2017) PENERAPAN INTEGRASI KURIKULUM PONDOK PESANTREN DAN KURIKULUM KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DI SMP NAWA KARTIKA SELOGIRI WONOGIRI TAHUN AJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Franciska Desy Indriani, 2017, Penerapan Integrasi Kurikulum Pondok Pesantren dan Kurikulum Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan di SMP Nawa Kartika Selogiri Wonogiri Tahun Ajaran 2015/2017, Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Yayan Andrian, S.Ag., M.Ed.Mgmt Kata Kunci: Integrasi, Kurikulum Pondok Pesantren, Kurikulum Kemendikbud Latar belakang masalah penelitian ini yaitu tujuan pendidikan di Indonesia adalah untuk membentuk manusia secara utuh, tetapi disisi lain pelaksanaan pendidikan hanya menitikberatkan pada salah satu aspek saja. Meskipun agama disisipkan, tapi porsinya lebih sedikit, dominan umum dengan prosentase agama relatif rendah. Akan tetapi sekolah ini mengupayakan dalam menyeimbangkan antara pengetahuan umum dan pengetahuan agama melalui pengintegrasian kurikulum. Oleh karena itu, peneliti memandang perlu untuk meneliti Penerapan Integrasi Kurikulum di SMP Nawa Kartika Selogiri Wonogiri. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui integrasi kurikulum di SMP Nawa Kartika Selogiri Wonogiri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengambil data lapangan di SMP Nawa Kartika Selogiri Wonogiri. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Febuari sampai dengan bulan Juni 2017, dengan Subjek penelitian yaitu Kepala Sekolah dan Waka Kurikulum serta informan penelitian Guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, lalu diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan Uji Keabsahan dengan menggunakan teknik triagngulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: Integrasi kurikulum merupakan konsep kurikulum yang menggabungkan disiplin ilmu pengetahuan umum dan agama di dalam sekolah. Dimana kurikulum pondok pesantren merupakan pengembangan kurikulum muatan lokal yang menjadi identitas sekolah SMP Nawa Kartika sedangkan Kurikulum Kemendikbud sebagai pengakuan keberadaan sekolah. Konsep kurikulum terpadu yang dilaksanakan di SMP Nawa Kartika Selogiri yaitu memadukan dua kurikulum yang bersumber dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) atau yang dikenal dengan istilah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan kurikulum Pondok Pesantren Salafiyah yang mencakup Kelompok Mata PelajaranAjaran Ahli Sunah Wal Jamaah An- Nahdliyah. Untuk aswaja menggunakan kitab Hujjah Ahlusunnah Waljama’ah, BTA menggunakan kitab Hidayatussibyan, Bahasa Arab menggunakan kitab Amtsilatut Tashrif, Tauhid menggunakan Akidatul Awam, Untuk fiqih menggunakan kitab Safinatun Najah. Semua mata pelajaran disesuaikan dengan kurikulum Kemendikbud yang diterapkan sebagai biasa, akan tetapi ada penambahan materi agama yaitu kurikulum pondok pesantren. xiii ABSTRACT Franciska Desy Indriani, 2017, Application Integration Pondok Pesantren Curriculum and Curriculum Ministry of Education and Culture in Learning in the Junior Nawa Kartika Selogiri Wonogiri Academic Year 2015/2017, Thesis: Islamic Religious Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Surakarta. Advisor: Yayan Andrian, S.Ag., M.Ed.Mgmt Keywords: Integration, Curriculum Pondok Pesantren, Kemendikbud Curriculum The background of this research problem in Indonesia is the purpose of education is to form the whole man, but on the other hand the implementation of education only focused on one aspect only. Although religion is inserted, but the portions are fewer, the dominant is common with relatively low percentage of religion. However, the school seeks to balance the common knowledge and religious knowledge through the integration of the curriculum. Therefore, the researcher considers it necessary to examine the Application of Curriculum Integration at SMP Nawa Kartika Selogiri Wonogiri. The purpose of this research is to know the curriculum integration at SMP Nawa Kartika Selogiri Wonogiri. This research is a descriptive qualitative research type, taking field data at SMP Nawa Kartika Selogiri Wonogiri. This research was conducted from February to June 2017, with the research subjects of School Principal and Waka Curriculum as well as Teacher and student research informants. Data collection is done by observation, interview, and documentation. Data analysis was performed by selecting and compiling the data obtained, and then processed and analyzed so that it can be concluded Test validity using techniques triangulasi. The results showed: the concept of curriculum applied that combines two curriculum sourced from the Ministry of Education and Culture (Kemendikbud) or known as Unit Level Curriculum (SBC) and curriculum Pondok Pesantren Salafiyah that includes Subject Group teachings of Ahli Sunna Wal Jamaah AnNahdliyah. Which subjects taught include Aswaja, BTA, Arabic, Tauhid, Fiqh and books used include: To Aswaja use Hujjah book Ahlusunnah waljama'ah, BTA use Hidayatussibyan book, Arabic using books Amtsilatut Tashrif, Tauhid uses Akidatul Layman, For fiqh use the book Safinatun Najah

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 373 Secondary education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:35
Last Modified: 03 Jan 2018 02:35
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1108

Actions (login required)

View Item View Item