PENERAPAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SD ALISLAM 3 GEBANG SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018

Fitri, Romdani and Drs., Saiful Islam, M.Ag (2017) PENERAPAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SD ALISLAM 3 GEBANG SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
PDF FULL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK, Fitri Romdani (133111094), 2017, Penerapan Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Al-Islam 3 Gebang Surakarta Tahun Pelajaran 2017/ 2018, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Surakarta Pembimbing : Dr. Saiful Islam, M.Ag Kata Kunci : Kompetensi Profesional, Guru Mata Pelajaran PAI Kompetensi profesional adalah bagian dari kompetensi yang belum banyak menjadi konsentrasi bagi guru dan sekolah. Kompetensi profesional meliputi guru mampu menguasai materi pelajaran yang diampu, menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar, mengembangkan materi secara kreatif, mengikuti kegiatan keprofesionalan dan menguasai TIK untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri. Penerapan kompetensi profesional saat ini perlu keterlibatan antara guru dan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan kompetensi profesional guru mata pelajaran Pendidikan Agam Islam (PAI) di SD Al-Islam 3 Gebang Surakarta tahun pelajaran 2017/ 2018. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tempat penelitian dilaksanakan di SD Al-Islam 3 Gebang Surakarta mulai bulan Juni dan berakhir bulan Agustus 2017. Subjek Penelitian adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Informan penelitian ini adalah kepala SD Al-Islam 3 Gebang, koordinator guru PAI, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang dipakai yaitu triangulasi sumber. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan model interaktif meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kompetensi profesional guru PAI di SD Al-Islam 3 Gebang adalah kompetensi profesional prosedural. Hal ini meliputi a) guru PAI telah mampu menguasai materi pelajaran dilihat dari pembuatan perangkat pembelajaran yang meliputi RPP, silabus, prota dan promes yang dilakukan oleh guru PAI secara tekstual dan kontekstual; b) guru PAI telah menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar dengan menggunakan analisis materi pelajaran sesuai tingkat kemampuan siswa; c) guru PAI telah mampu mengembangkan materi pelajaran secara kreatif dengan memanfaatkan berbagai metode dan media pembelajaran yang bervariatif dalam proses pembelajaran, penggunaan metode tepuk atau nyanyian agar materi mudah di mengerti siswa, serta pembuatan modul pembelajaran sebagai sumber belajar d) guru PAI telah mengembangkan keprofesionalan berkelanjutan dengan mengikuti

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x0 Islam Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:35
Last Modified: 03 Jan 2018 02:35
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1104

Actions (login required)

View Item View Item