PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE IQRO’ DI MI NURUL HUDA MANYAREJO PLUPUH SRAGEN TAHUN AJARAN 2016 / 2017

Eka, Selvi Eaningtyas and Dra. Hj., Maslamah, M.Ag (2017) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE IQRO’ DI MI NURUL HUDA MANYAREJO PLUPUH SRAGEN TAHUN AJARAN 2016 / 2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Eka Selvi Eaningtyas,2017, Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Al-Qur‟an melalui Metode Iqro‟ di MI Nurul Huda Manyarejo Plupuh Sragen Tahun Ajaran 2016 / 2017, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing :Dra. Hj. Maslamah, M.Ag. Kata Kunci : PembelajaranMembaca Al-Qu‟an, MetodeIqro' Membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar adalah kewajiban bagi setiap umat Islam. Namun, kenyataannya sampai saat ini masih ada sebagian siswa belum bisa membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar. Dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an banyak metode atau cara penyampaian yang cepat dan tepat dari masa ke masa, metode yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan peserta didiknya. Maka dari itu MI Nurul Huda menggunakan metode iqro‟ dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an, karena dapat membantu siswa membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Al-Qur‟an Melalui Metode Iqro‟ Pada Siswa Kelas V MI Nurul Huda Manyarejo, Plupuh, Sragen. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dilaksanakan di MI Nurul Huda Manyarejo Plupuh Sragen pada bulan Pebruari - Mei 2017. Subyek dalam penelitian ini adalah guru kelas V MI Nurul Huda Manyarejo Plupuh Sragen. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan siswa kelas VMI Nurul Huda Manyarejo Plupuh Sragen. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber. Teknik analisis data dengan analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, danverifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dilaksanakan setiap hari senin, rabu yang dimulai pada pukul 12.25 sampai pukul 13.00 WIB dan hari sabtu yang dimulai pada pukul 11.15 sampai pukul 11.50 WIB. Pembelajaran dilaksanakan secara klasikal atau bersama-sama dalam satu kelas terdapat 20 siswa. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan 3 tahapan yaitu: pertama pembukaan. Guru mengucap salam, bersama-sama membaca al-fatihah, doa sehari-hari dan surat-surat pendek bersama-sama. Kedua, kegiatan inti. Guru bersama para siswa menyiapkan buku materi yang akan digunakan untuk pembelajaran iqro‟ dan siswa mengumpulkan kartu prestasi kepada guru. Kemudian bergantian atau individual membaca halaman iqro‟ dengan di panggil satu persatu dan membaca disimak oleh gurunya. Ketiga, penutup. Guru menutup pembelajaran dengan doa kedua orang tua, doa dunia akhirat dan kifaratul majelis, kemudian guru mengucap salam dan bersalaman dengan para siswa. Adapun metode atau 10 sifat buku iqro‟ yang digunakan oleh guru diantaranya yaitu: bacaan langsung, CBSA, privat, modul, asisten sipraktis, sistematis, variatif, komunikatif, dan fleksibel.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x1 Al Quran dan Ilmu Terkait
300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:33
Last Modified: 03 Jan 2018 02:33
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1087

Actions (login required)

View Item View Item