HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTS NEGERI KARANGMOJO TASIKMADU KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Dewi, Supanti and Ari, Wibowo,S,Si, M.Pd, M.Si (2017) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTS NEGERI KARANGMOJO TASIKMADU KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
FULL TEKS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dewi Supanti, 2017, Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII Di MTs Negeri Karangmojo Tasikmadu Karanganyar Tahun Pelajaran2016/2017,Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Ari Wibowo, M.Si., M.Pd. Kata Kunci: Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VIII di MTs Negeri Karangmojo yang kurang dari KKM yang telah ditetapkan, kurangnya perhatian orang tua dalam pengawasan belajar Aqidah Akhlak kepada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1)persepsi siswa mengenai perhatian ayah siswa kelas VIII MTs Negeri Karangmojo tahun pelajaran 2016/2017. 2) persepsi siswa mengenai perhatian ibu siswa kelas VIII MTs Negeri Karangmojo tahun pelajaran 2016/2017. 3) hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas VIII MTs Negeri Karangmojotahun pelajaran 2016/2017. 4) persepsi siswa mengenai perhatian orang tua siswa kelas VIII MTs Negeri Karangmojo tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri Karangmojo pada bulan Desember 2016 s/d Juli 2017. Populasi meliputi siswa kelas VIII A s/d D di MTs Negeri Karangmojo yang berjumlah 131 siswa. Sampel berjumlah 97 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan angket, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 22, yang terdiri dari teknik analisis unit dan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas Kolmogorov-smirnov, uji linieritas, sedangkan untuk mengetahui uji hipotesis dengan menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Persepsi siswa tentang perhatian ayah termasuk dalam kategori sedang, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata sebesar 93,67 dan standar deviasi 6,193. 2) Persepsi siswa tentang perhatian ibu termasuk dalam kategori sedang, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata sebesar 92,24 dan standar deviasi 5,412. 3) Hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas VIII MTs Negeri Karangmojo termasuk dalam kategori sedang. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata 15,12 dan standar deviasi 2,906. 4) Berdasarkan analisis data menggunakan regresi linier berganda diperoleh nilai Fhitung 6,574 > Ftabel 3,09 untuk taraf signikansi 5%, sedangkan untuk taraf signifikansi 10% Ftabel sebesar 2,36. Berdasarkan kriteria pengujian jika nilai Fhitung > Ftabel, maka Ha diterima. Jadi kesimpulannya terdapat hubungan positif antara persepsi siswa tentang perhatian orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTs Negeri Karangmojo tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:32
Last Modified: 03 Jan 2018 02:32
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1075

Actions (login required)

View Item View Item