STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII UNGGULAN DI MTS NEGERI JATINOM KLATEN TAHUN2016/2017

Arifatu, Nikmah and Hj., Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag (2017) STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII UNGGULAN DI MTS NEGERI JATINOM KLATEN TAHUN2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ARIFATU.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Arifatu Nikmah, Juni 2017 Strategi Pendidikan Karakter Siswa Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII Unggulan Di MTs Negeri Jatinom Klaten Tahun 2016/2017, Skripsi : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Hj. Siti Choiriyah, S.Ag, M.Pd. Kata Kunci : Strategi, Pendidikan Karakter, Sejarah Kebudayaan Islam. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terdapat potensi dasar yang menuntut siswa untuk memetik nilai-nilai pendidikan, mengambil hikmah dari pembelajaran, meneladani karakter pada tokoh-tokoh agama Islam. Dengan adanya pembelajaran tersebut maka memiliki inisiatif untuk mengkaloborasikan pendidikan karakter didalam mata pelajaran yang menuntut siswa untuk mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Di MTs Negeri Jatinom Klaten pada bulan Januari 2017- Juni 2017. Yang mana subyek penelitiannya adalah guru Sejarah Kebudayaan Islam dan siswa kelas VIII A Unggulan, sedangkan untuk informan dalam peneitian ini adalah Kepala Sekolah, dan WAKA Kurikulum di MTs Negeri Jatinom Klaten.Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi .Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber sedangkan analaisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pendidikan karakter pada siswa kelas VIII A Unggulan antara lain: 1)Kegiatan Pendahuluan, kegiatan pembelajaran di awali dengan mengucapkan salam, membaca basmallah, membaca doa sebelum belajar, menanyakan kabar siswa, absensi, dan mengulas materi pembelajaran minggu lalu 2) Kegiatan Inti, guru melaksanakan pembelajaran diawali dengan menyampaikan materi, materi pembelajaran yang disampaikan didesesuaikan dengan RPP, dikaloborasikan dengan strategi pembelajaran: Jigsaw yang ingin menyampaikan pendidikan karakter berupa kreatif, bertanggung jawab, mandiri, Group Investigation yang ingin menumbuhkan pendidikan karakter kerjasama dan tanggung jawab, Direct Instruction yang ingin menumbuhkan nilai pendidikan karakter berupa berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, Make A Macth yang ingin menumbuhkan nilai pendidikan karakter berupa berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif. Examples non Examplesyang ingin menumbuhkan nilai pendidikan karakter berupa berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, interaktif dan keteladanan.3) Kegiatan Akhir pada pembelajaran tidak jauh berbeda dengan pembelajaran lainya, dengan memberikan kesimpulan mengenai hasil belajar setiap pertemuan, guru memberikan tugas rumah(PR) yang nantinya akan di bahas dipertemuan selanjutnya.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x0 Islam Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 27 Dec 2017 05:36
Last Modified: 27 Dec 2017 05:36
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1057

Actions (login required)

View Item View Item