PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA TUNAGRAHITA DI SMALB B & C BAGASKARA SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Andita, Dwi Hernawati and Drs., Aminuddin, M.S.I (2017) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA TUNAGRAHITA DI SMALB B & C BAGASKARA SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Andita Dwi Hernawati, Juli 2017, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Tunagrahita di SMALB B & C Bagaskara Sragen, Tahun Pelajaran 2016/2017 Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta, Juli 2017. Kata Kunci: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Siswa Tunagrahita Masalah dalam penelitian ini adalah: SMALB B & C Bagaskara Sragen dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam yang mengajar bukan guru agama Islam melainkan guru kelas, karena mengingat keterbatasan tenaga pendidik di sekolahan tersebut kurang maksimal. Pada saat berlangsungnya pembelajaran banyak peserta didik yang pada saat mengikuti pelajaran agama Islam mereka mengerti dan paham terkait materi yang disampaikan. Akan tetapi itu hanya bersifat sementara, pada saat guru menanyakan pelajaran yang sama tetapi selang waktu beberapa hari mereka sudah lupa. Dalam proses pembelajaran ini pendidik menggunakan strategi drill yaitu materi diberikan secara berulang-ulang kepada peserta didik dengan mengingat kondisi peserta didik. Pada saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik tunagrahita Sekolah Menengah Pertama dan peserta didik tunagrahita Sekolah Menengah Atas di gabungkan menjadi satu kelas dan diberikan materi yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam pada siswa tunagrahita di SMALB B & C Bagaskara Sragen. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang dilakukan di SMALB B & C Bagaskara Kabupaten Sragen pada bulan Februari sampai dengan Juli tahun 2017. Subyek penelitian ini adalah guru kelas yang mengajar agama Islam dan siswa tunagrahita di SMALB B & C Bagaskara Kabupaten Sragen, sedangkan informan penelitian diambil dari kepala sekolah SMALB B & C Bagaskara Sragen. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. Setelah data terkumpul uji keabsahan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan data. Teknik analisis dalam menganalisis data diperoleh dengan menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunujukkan bahwa pembelajaran agama Islam bagi siswa tunagrahita di SMALB B & C Bagaskara Sragen sebagai berikut: (1) Tujuan pembelajaran agar anak dapat melaksanakan sholat secara mandiri tanpa bimbingan lagi dari guru, (2) Materi yang diberikan disesuaikan dengan siswa yaitu meliputi sholat wudhu adzan, (3) metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah ceramah, tanya jawab, drill dan praktek, (4) media pembelajaran yang digunakan masih kurang dimana hanya menggunakan papan tulis, spidol dan tongkat, (5) Penilaian pembelajaran agama Islam dikatakan sudah cukup lumayan baik, apabila siswa mampu menyebutkan rakaat sholat dan mempraktekkan sholat dengan baik tanpa harus ada bimbingan dari guru walaupun belum bisa sempurna.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x0 Islam Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 27 Dec 2017 05:35
Last Modified: 27 Dec 2017 05:35
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1051

Actions (login required)

View Item View Item