KHOTIMAH, KHUSNUL and Muharom, Fauzi (2023) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN SISWA KELAS VI DI SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN RADEN MAS SAID.
Text
SKRIPSI KHUSNUL KHOTIMAH_193111010_PAI A_080741.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Khusnul Khotimah, 2023, Upaya Guru dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan AlQur’an Siswa Kelas VI di SDIT Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah, UIN Raden Mas Said Surakarta. Pembimbing : Dr. Fauzi Muharom, M.Ag Kata Kunci : Guru dan Kualitas Hafalan Al-Qur’an SDIT Nur Hidayah Surakarta merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang berkonsentrasi untuk meningkatkan kecintaan anak kepada Al-Qur’an yakni program Tahfidzul Qur’an. Program Tahfidzul Qur’an ini mampu mencetak siswa dengan hafalan berkualitas dari segi fashahah, tajwid, tartil dan bacaannya lancar. Dengan adanya lembaga pendidikan yang unggul, sebagai bukti prestasi kejuaraan yang diperoleh siswa. Hal ini guru merupakan faktor yang menentukan keberhasilan dalam menghafal melalui perhatian khusus dengan meningkatkan mutu hafalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an siswa kelas VI di SDIT Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dilaksanakan di SDIT Nur Hidayah Surakarta pada bulan September 2022 sampai Februari 2023. Subyek penelitian adalah Guru Tahfidz kelas VI. Informannya Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Kertua Koordinator Al-Qur’an, dan Siswa Kelas VI. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul diperiksa keabsahannya dengan tringulasi sumber dan metode. Selanjutnya dianalisis dengan model interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an siswa kelas VI di SDIT Nur Hidayah Surakarta dilakukan dengan: 1) Pembenaran tajwid pada saat tilawati dan muroja’ah, 2) Pembenaran fasahah pada saat tilawati dan muroja’ah, dan 3) Melancarkan hafalan melalui kegiatan muroja’ah, setoran hafalan, majlis pagi one day one ayat, dan ekstrakulikuler tahfidz. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an siswa kelas VI adalah 1) Faktor Internal. Faktor pendukung motivasi guru kepada siswa dan sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan hambatan dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an siswa kelas VI kurangnya konsentrasi dan munculnya rasa malas dalam diri siswa. 2) Faktor Eksternal. Faktor pendukung adalah adanya kerjasama antara guru dan orang tua. Sedangkan hambatan yaitu siswa yang tidak mengulang hafalan AlQur’an di rumah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Suwardi Abdullah |
Date Deposited: | 11 May 2023 04:32 |
Last Modified: | 11 May 2023 04:32 |
URI: | http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/5917 |
Actions (login required)
View Item |