Fadhilah, Pratama Ananda Ayu Nur and Alwiyah, Noor (2023) PELAKSANAAN PROGRAM CIRI KHUSUS KEASRAMAAN BOARDING SCHOOL DALAM MENAMBAH WAWASAN KEISLAMAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN RADEN MAS SAID.
Text
SKRIPSI (PRATAMA-193111001-PAI-FIT).pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Pratama Ananda Ayu Nur Fadhilah, 2023, Pelaksanaan Program Ciri Khusus Keasramaan Boarding School Dalam Menambah Wawasan Keislaman di Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah, UIN Raden Mas Said Surakarta. Pembimbing : Dra. Hj. Noor Alwiyah, M.Pd. Kata Kunci : Program, Boarding School, Wawasan Keislaman Kurangnya peran orang tua dalam memberikan pemahaman kepada anak terhadap ajaran agama Islam sejak dini mengakibatkan anak kurang memiliki kesadaran terhadap pengamalan ajaran agama Islam dalam pembiasaannya di kehidupan sehari-hari. Untuk mengantisipasi hal tersebut, boarding school MAN 2 Surakarta memiliki program khusus yang bertujuan untuk menambah wawasan keislaman siswa, yaitu melalui program ciri khusus keasramaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk kegiatan program ciri khusus dan mendeskripsikan pelaksanaan program ciri khusus keasramaan boarding school putri dalam menambah wawasan keislaman di Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta tahun 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di Boarding School Putri MAN 2 Surakarta pada bulan Agustus tahun 2022 sampai dengan bulan Maret tahun 2023. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pengampu program ciri khusus keasramaan. Informan dalam penelitian ini adalah pengurus boarding school dan siswa boarding school putri. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Data dianalisis menggunakan analisis data interaktif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kegiatan program ciri khusus diantaranya tafsir, bina pribadi muslim dan bahasa arab. Mengenai pelaksanaan program ciri khusus keasramaan boarding school putri dalam menambah wawasan keislaman di Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta tahun 2022/2023 dilaksanakan setelah pembelajaan formal, yaitu pada sore dan malam hari. Pelaksanaan disetiap kegiatannya berbeda-beda diantaranya sebagai berikut: 1) Pelaksanaan kegiatan tafsir berlangsung 1 kali dalam seminggu setiap hari minggu setelah sholat isya‟. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa boarding school putri. Pelaksanaan kegiatan tafsir antara lain: Pada tahap pendahuluan guru mengawali dengan salam dan dilanjutkan pembukaan (Mukhodimah), menanyakan materi yang sudah disampaikan pada pertemuan sebelumnya, mengulang sedikit materi pada pertemuan sebelumnya. Pada tahap inti guru meminta siswa untuk membacakan materi secara bersama-sama, menjelaskan penafsiran ayatnya, setelah itu sesi tanya jawab. Pada tahap penutup guru membaca do‟a kafarotul majelis serta diakhiri dengan salam. 2) Pelaksanaan kegiatan bina pribadi muslim berlangsung 2 kali dalam sebulan setiap hari sabtu setelah sholat isya‟. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa boarding school xii putri. Pelaksanaan kegiatan bina pribadi muslim antara lain: tahap pembukaan, tahap inti, tahap penutupan. Pada tahap pendahuluan guru mengawali dengan salam, memberikan evaluasi mengenai keadaan siswa saat itu, menyampaikan tema materi dan dilanjut siswa diminta untuk menyampaikan alasan yang berkaitan dengan tema. Pada tahap inti guru memberikan materi dengan ceramah, bercerita, mendengarkan youtube, sesi tanya jawab, berdiskusi mengalir. Pada tahap penutup guru memberikan motivasi dilanjut membaca hamdallah dan menutup dengan salam. 3) Pelaksanaan kegiatan bahasa arab berlangsung 1 kali dalam seminggu setiap hari rabu setelah sholat ashar. Kegiatan tersebut diikuti oleh siswa boarding school putri yang berminat. Pelaksanaan kegiatan bahasa arab antara lain: tahap pembukaan, tahap inti, tahap penutupan. Pada tahap pendahuluan guru mengawali dengan salam dan dilanjutkan pembukaan (Mukhodimah), membaca surat al fatihah serta do‟a akan belajar secara bersamasama, bertanya kabar kepada siswa, mengecek kehadiran siswa, menyampaikan tema materi pembelajaran. Pada tahap inti guru bertanya kepada siswa siapa yang sudah siap untuk praktik maju ke depan kelas, siswa secara bergantian praktik di depan kelas, guru mengevaluasi satu persatu mengenai praktik pidato pada setiap siswa. Pada tahap penutup guru membaca do‟a kafaratul majelis secara bersamasama dan menutup dengan salam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Suwardi Abdullah |
Date Deposited: | 10 May 2023 05:30 |
Last Modified: | 10 May 2023 05:30 |
URI: | http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/5878 |
Actions (login required)
View Item |