NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM BUKU AJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMA KELAS XII KURIKULUM 2013 PENERBIT TIGA SERANGKAI

JAMALUDIN, ALI and Hakiman, Hakiman (2023) NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM BUKU AJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMA KELAS XII KURIKULUM 2013 PENERBIT TIGA SERANGKAI. Skripsi thesis, UIN RADEN MAS SAID.

[img] Text
ALI JAMALUDIN 163111095[1].pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Ali Jamaludin, Maret 2023, Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Buku Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMA Kelas XII Kurikulum 2013 Penerbit Tiga Serangkai. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Ilmu Tarbiyah, UIN Raden Mas Said Surakarta. Pembimbing : Dr. Hakiman, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Nilai-Nilai Moderasi Beragama, Buku Ajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Fakta radikalisme telah menyebar ke pendidikan umum, khususnya di sekolah tingkat menengah atas. Pemerintah Indonesia saat ini terus mensosialisasikan kebijakan moderasi beragama di lingkungan sekolah dengan memasukkan nilai-nilai moderasi dalam setiap materi pelajaran. Moderasi beragama sangat penting untuk menjaga persatuan dan perdamaian dalam dunia pendidikan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui dan mendeskripsikan muatan nilai-nilai moderasi beragama dalam buku ajar mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti SMA untuk Kelas XII Kurikulum 2013 Penerbit Tiga Serangkai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research), penelitian ini mengungkapkan nilai-nilai moderasi beragama sehingga teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi supaya mendapat data yang relevan. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XII kurikulum 2013 Terbitan Tiga Serangkai memuat sembilan nilai moderasi beragama diantaranya: tawasuth (tengah-tengah), al-i’tidal (tegak lurus dan bersikap proporsional), at-tasamuh (toleransi), asy-syura (musyawarah), al-ishlah (perbaikan), al-qudwah (kepeloporan), al-muwathanah (cinta tanah air), al-la’unf anti kekerasan), dan i’tiraf al ‘urf (ramah budaya). Adapun nilai secara total ada 38, nilai-nilai moderasi beragama tersebut terdapat dalam setiap pokok pembahasan buku. yaitu Bab 1 memuat nilai Tasamuh, Tawazun, Asyura, Al-qudwah, Al-muwathanah, Bab 2 memuat nilai Al-ishlah, Al-‘itidal, Al-qudwah, Bab 3 memuat nilai Al-‘itidal, Al-qudwah, Al-ishlah, Bab 4 memuat nilai , Al-‘itidal, Al-qudwah. Bab 5 memuat Tasamuh, Al-qudwah, I’tiraf Al-urf, Al-Islah, Al muwathanah, Al-la ‘unf, Bab 6 memuat nilai Al-Islah, Al-‘itidal, Al-qudwah, Bab 7 memuat nilai Al-Islah, At-tawasuth, Al-la ‘unf, Bab 8 memuat nilai Al-‘itidal, As-Syura, Bab 9 memuat nilai Tasamuh, Al-qudwah, I’tiraf al- ‘urf, Al-islah.   ABSTRACT Ali Jamaludin, March 2023, Values of Religious Moderation in Textbooks of Islamic Religious Education Subjects for Class XII High School Curriculum 2013 Publisher Tiga Serangkai. Thesis: Islamic Religious Education Study Program. Faculty of Tarbiyah Sciences, UIN Raden Mas Said Surakarta. Advisor : Dr. Hakiman, S.Pd.I., M.Pd. Keywords : Values of Religious Moderation, Text books, Islamic Religious Education and Character. The fact of radicalism has spread to public education, especially in senior secondary schools. The Indonesian government is currently continuing to socialize the policy of religious moderation in the school environment by incorporating the values of moderation in each subject matter. Religious moderation is very important to maintain unity and peace in the world of education. The objectives of this study are: To find out and describe the content of religious moderation values in the PAI and high school ethics text books for Class XII Curriculum 2013 Tiga Serangkai Publisher. This research uses a qualitative approach with the type of library research. This study reveals the moderation of various values so that the data collection technique used in this study is documentation in order to obtain relevant data. Meanwhile, the data analysis technique in this study used content analysis. The results of this study indicate that the book Islamic Religious Education and Characteristics Class XII curriculum 2013 Published by Tiga Serangkai contains nine values of religious moderation including: tawasuth (in the middle), al-i'tidal (perpendicular and proportional care), at-tasamuh (tolerance), asy-syura (deliberation), al-ishlah (improvement), al-qudwah (pioneering), al-muwathanah (love of the motherland), al-la'unf anti-violence), and i'tiraf al'urf (culturally friendly). As for the total value there are 31, the values of religious moderation are contained in every subject of discussion of the book. namely Chapter 1 contains the values of Tasamuh, Tawazun, Ashura, Al-qudwah, Al-muwathanah, Chapter 2 contains the values of Al-ishlah, Al-'itidal, Al-qudwah, Chapter 3 contains the values of Al-'itidal, Al-qudwah, Al -ishlah, Chapter 4 contains values, Al-'itidal, Al-qudwah. Chapter 5 contains Tasamuh, Al-qudwah, I'tiraf Al-urf, Al-Islah, Al muwathanah, Al-la'unf, Chapter 6 contains values of Al-Islah, Al-'itidal, Al-qudwah, Chapter 7 contains values Al-Islah, At-tawasuth, Al-la'unf, Chapter 8 contains the values of Al-'itidal, As-Shura, Chapter 9 contains the values of Tasamuh, Al-qudwah, I'tiraf al-'urf, Al-islah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Suwardi Abdullah
Date Deposited: 06 May 2023 12:50
Last Modified: 06 May 2023 12:50
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/5835

Actions (login required)

View Item View Item