Revitalisasi Peran Keluarga dalam Mengatasi Mental Hectic pada Anak Usia Dini

Authors

  • Lukman Harahap IAIN Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.22515/bg.v1i2.407

Keywords:

Family-role, Mental-hectic, Learning-process

Abstract

Children character and personality building is conducted by their closest person. They have a meaningful contribution towards the children development. Children growth and development includes physical growth and psichological development. The right guidance and direction is necessary in every stage of children development. Children growth can be conducted by the school environment or educational institution as well. The lack of understanding from the parents or teachers in school and also the burden they feel generates children personality problems. They becomes a less-directional, ill-tempered, and rebellious person. These personality is called Mental Hectic. The emergence of Mental Hectic contains some factors. It consists of the learning method or technique which is less in take sides on the children growth and development especially at their early age. The consequence is learning becomes a heavy task, not a fun and delighted area for children who still keen on their own world, that is, playing. Therefore, this role can be played especially the family as the closest person who could guide and direct them to be a healthy and independent personality.

Pembentukan karakter dan kepribadian anak dilakukan oleh orang terdekatnya, mereka memiliki kontribusi yang berarti bagi perkembangan anak itu sendiri. Pertumbuhan dan perkembangan anak meliputi pertumbuhan fisik dan perkembangan psikis. Bimbingan dan arahan yang tepat diperlukan pada setiap  tahapan perkembangan anak. Pertumbuhan anak juga dapat dilakukan dari lingkungan sekolah ataupun lembaga pendidikan. Kurangnya pemahaman orang tua maupun guru di sekolah ditambah beban berat yang dirasakan oleh anak menjadikan problem pada kepribadiannya. Kepribadian anak menjadi pribadi yang kurang terarah, pemarah dan pembangkang. Kepribadian inilah yang disebut Mental Hectic. Tumbuhnya Mental Hectic ini diantaranya beberapa factor, diataranya berasal dari metode atau teknik belajar yang kurang berpihak pada pertumbuhan dan perkembangan anak terlebih pada anak usia dini. Akibatnya pembelajaran menjadi beban berat, bukan merupakan area yang menyenangkan dan mengasyikkan bagi anak yang masih senang dengan dunia mereka yaitu bermain. Oleh karena itu peran ini bisa dilakukan terutama keluarga sebagai orang terdekat yang dapat mengarahkan serta membimbing anak supaya nantinya anak memiliki pribadi yang sehat dan mandiri.

 

References

At Tamimi, Abuya Syeik Imam Ashari Muhammad, Kasih Sayanag Kunci Perpaduan Sejagat. PT Giliran Timur.

Azhari, Akyas. 2004. Psikologi Umum dan Perkembangan. Bandung. Mizan Publika

Ema Pratiwi. 2015. Pembelajaran Calistung Bagi Anak Usia Dini Antara Manfaat dan Resiko Menghambat Kecerdasan Mental Anak. Seminar Nasional Pendidikan. FKIP UMP.

Gunarsa, Yulia dan Singgih 2002. Psikologi Untuk Membimbing. Jakarta: Gunung Mulia

Gunarsa, Yulia.2002. Asas-asa Psikologi. Jakarta: Gunung Mulia

Hurlock,B Elizabeth 1999.Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga

Istiyani, Dwi. 2013. Model Pembelajaran Membaca Menulis Menghitung (Calistung) Pada Anak Usia Dini Di Kabupaten Pekalongan. Jurnal Penelitian, X (1): hlm 1-18

Miles MB & Hubberman. 1992. Analisis Data Kualitatif (Terjemahan Tjejep Rohendi Rohidi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Morrison, George S.2015. Terjemahan Suci Romadhona, Fundamentals Early of Chilhood Education: Jakarta : Indeks

Muhammad AR, 2003. Pendidikan di Alaf Baru, Jakarta. Prismashopie

Muthy, Abdullah Muhamad, 2007. Quantum Parenting, Qaula Smart Media, Surakarta

Piaget, 1960.The Origin of Intelligence In Children. New York : International Universities Press

Prasetya. G Tembong, 2003. Pola Pengasuhan Ideal, Jakarta. Gramedia

Supeno, Hadi, 2007. Kriminalisasi Anak.Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Van den Ban, A.W. and H.S. Hawkins, 1999. Penyuluhan Pertanian. Yogyakarta: Kanisius.

Vendernberg. 1983. Metode dan Teknik Penelitian masyarakat. Jakarta: Gramedia

PAUD Jateng ,2015. Proses Belajar dalam Dunia Anak, http://paudjateng.xahzgs.com/2015/08/pengertian-mental-hectic-dan-hubungannya-calistung.html, diakses tanggal 5 September 2016

Sudjarwo. 2010. Calistung Menghambat Pertumbuhan Kecerdasan Mental Anak. http://republika.co.id/jakarta.Minggu-18-Juli-2010. Diakses 1 April 2016.

Thermanto. 2013. Calistung Sembuhkan Mental Hectic

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/terapi_calistung/calistung-sembuhkan-mental-hectic_552ab005f17e617b2dd62448 diakses pada tanggal 26 Agustus 2016

Downloads

Published

2016-12-30

Issue

Section

Articles

Citation Check