Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9061Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran motivasi dan minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa di Fakultas Ushuluddin dan Dakwah mengambil jurusan manajemen Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, khususnya pada mata kuliah Konseling Keluarga. Jumlah siswa di kelas 5D Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam sebanyak 37 mahasiswa digunakan sebagai sumber bahan untuk pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Penelitian ini hanya mengukur variabel motivasi belajar (X1), minat belajar (X2) dan prestasi belajar (Y). Untuk data variabel motivasi belajar dan minat belajar menurut penyebaran angket yang diberikan kepada 37 mahasiswa. Sedangkan data untuk mahasiswa Prestasi diambil dari nilai mata kuliah Konseling Keluarga. Untuk mengetahui hubungan antar variabel tersebut dilakukan beberapa analisis yaitu uji analisis reliabilitas dan uji korelasi. Berdasarkan hasil tes 60 Pernyataan kuesioner dapat dinyatakan dengan reliabilitas yang baik seperti Cronbach Alpha nilainya 0,379. Serta nilai Total_X1 (Motivasi Belajar) terhadap Y (Prestasi Belajar) sebesar 0.076 dan Nilai Total_X2 (Minat Belajar) terhadap Y (Prestasi Belajar) sebesar 0.288, maka hasil penelitian dapat diinterpretasikan bahwa motivasi belajar berpengaruh sangat kecil terhadap prestasi belajar, begitu pula dengan minat belajar yang berpengaruh sangat kecil terhadap prestasi belajar.Downloads
Published
2022-11-18
How to Cite
Bagas Ilham Yudhiyantoro, Muh. Wasith Achadi, Lukman Harahap, & Putri Apriliani. (2022). Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5034–5039. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9061
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Bagas Ilham Yudhiyantoro, Muh. Wasith Achadi, Lukman Harahap, Putri Apriliani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).