KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS 1 MI MUHAMMADIYAH KLASEMAN PADA AWAL PERTEMUAN TATAP MUKA (PTM) TAHUN AJARAN 2021/2022

DAMAYANTI, ALFINA and Purbowati, Dwi (2022) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS 1 MI MUHAMMADIYAH KLASEMAN PADA AWAL PERTEMUAN TATAP MUKA (PTM) TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN Raden Mas Said Surakarta.

[img] Text
Alfina Damayanti - Alfina Damayanti.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Alfina Damayanti, 2022, Kompetensi Profesional Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas 1 MI Muhammadiyah Klaseman Pada Awal Pertemuan Tatap Muka (PTM) Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah, UIN Raden Mas Said Surakarta. Pembimbing : Dwi Purbowati, M.Pd. Kata Kunci : Kompetensi Profesional, Pembelajaran Tematik, Pertemuan Tatap Muka. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa kompetensi profesional guru sangatlah penting dan wajib dikuasai oleh guru terutama pada pembelajaran di anak usia 6-7 tahun atau setara dengan siswa kelas 1 Sekolah Dasar, dimana siswa masih berpikir secara konkret dan holistik. Dengan cara berpikir tersebut maka pembelajaran tematik sangatlah tepat diterapkan di kelas 1 karena siswa dapat memperoleh pengalaman yang bermakna berdasarkan dari tema yang disesuaikan dengan kehidupan siswa itu sendiri. Oleh karena itu, dibutuhkan guru yang profesional ialah guru yang dapat menjadi fasilitator dalam merangkai pembelajaran yang padu, sehingga siswa tidak merasa bahwa mata pelajaran telah berganti. Kompetensi profesional berkaitan dengan proses penyampaian materi yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa. Terlebih dengan kondisi darurat yang terjadi seperti sekarang, dimana proses pembelajaran secara tatap muka sudah berlangsung meskipun terdapat ketersediaan waktu yang terbatas sesuai dengan aturan dari pemerintah. Dalam hal tersebut peneliti ingin mengetahui kompetensi profesional guru kelas 1 dalam pembelajaran tematik dengan mengacu pada Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kompetensi profesional guru dalam pembelajaran tematik di kelas 1 MI Muhammadiyah Klaseman pada awal pertemuan tatap muka Tahun Ajaran 2021/2022. Metodologi penelitian yang digunakan disini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah Klaseman dari bulan September 2021 sampai Februari 2022. Subjek penelitian disini adalah guru kelas 1 A sedangkan informan yaitu kepala madrasah, guru kelas 1 B, serta beberapa siswa kelas 1 A. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode sedangkan analisis data menggunakan beberapa tahapan yang dilakukan peneliti yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa guru kelas 1 sudah melaksanakan ke-5 indikator kompetensi profesional yang sesuai dengan Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 dalam pembelajaran tematik di MI Muhammadiyah Klaseman pada awal pertemuan tatap muka (PTM) dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Suwardi Abdullah
Date Deposited: 08 Mar 2023 01:15
Last Modified: 08 Mar 2023 01:15
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/4537

Actions (login required)

View Item View Item