STRATEGI KOMUNIKASI CYBER PUBLIC RELATIONS THE LAWU PARK TAWANGMANGU DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG DI MASA PANDEMI

OKTAVIAWATI, ADELIA ARDANA and Susilowati, Eny (2022) STRATEGI KOMUNIKASI CYBER PUBLIC RELATIONS THE LAWU PARK TAWANGMANGU DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG DI MASA PANDEMI. Skripsi thesis, UIN Raden Mas Said Surakarta.

[img] Text
Adelia Ardana Oktaviawati - Adelia Ardana191.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK ADELIA ARDANA OKTAVIAWATI, NIM 181211191. Strategi Komunikasi Cyber Public Relations The Lawu Park Tawangmangu dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung di Masa Pandemi. Skripsi, Program Study Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2022 The Lawu Park merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pariwisata. The Lawu Park resmi di buka pada akhir tahun 2018. Wisata ini menggunakan media baliho, koran, radio, dan sosial media sebagai ajang promosi mereka. Ciri khas dari wisata ini adalah menyediakan paket lengkap wisata keluarga mulai dari objek wisata, restorant dan forest resort tersedia disini. Banyak wisatawan yang mengetahui tempat ini dari sosial media. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi cyber public relations yang digunakan dalam meningkatkan jumlah pengunjung di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik wawancara yang digunakan adalah wawancara mendalam dan terstruktur, dengan menggunakan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini pada dasarnya menggunakan teori strategi komunikasi menurut Anwar Arifin dan teori cyber public relations milik Bob Julius Onggo. strategi komunikasi menurut Anwar Arifin terdiri dari Mengenal Khalayak, Menyusun Pesan, Memilih Metode, Memilih Media dan Peranan Komunikasi. Sedangkan untuk teori cyber public relations milik Bob Julius Onggo terdiri dari Elektronic, Public, dan Relasions. Semua teori diatas saling berkesinambungan akan tetapi yang paling efektif adalah Memilih Media yang digunakan. Karena kurangnya kualitas SDM yang dimiliki The Lawu Park membuat media yang menjadi trend sekarang belum bisa di optimalkan dengan baik, meskipun begitu dengan adanya starategi komunikasi cyber public relations membuat jumlah pengunjung The Lawu Park mengalami peningkatan. Kata kunci : Strategi Komunikasi, The Lawu Park, Meningkatkan Jumlah Pengunjung dan Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 380 Commerce, communications, transport
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Suwardi Abdullah
Date Deposited: 28 Feb 2023 04:07
Last Modified: 28 Feb 2023 04:07
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/4501

Actions (login required)

View Item View Item