Nurhuda, Abid and Hadziq, Abdulloh (2022) PELAKSANAAN PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI BOARDING SCHOOL SMPTQ ABI UMMI BOYOLALI TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN Raden Mas Said Surakarta.
Text
Abid Nurhuda utuh sah - Abid Nurhuda.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Abid Nurhuda, 2022. Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an Di Boarding School SMPTQ Abi Ummi Boyolali Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi: Progam Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah, UIN Raden Mas Said Surakarta. Pembimbing : Abdulloh Hadziq, S. Pd. I., M.Pd. I Kata Kunci : Program, Tahfidz, Boarding School Program Tahfidz Al-Qur’an merupakan salah satu cara untuk menguatkan karakter dan menanamkan nilai-nilai positif keagamaan pada siswa seperti disiplin dan menghargai waktu. Namun di Boarding School SMPTQ Abi Ummi Boyolali masih ada siswa yang melakukan hal negatif di saat waktu luangnya seperti tidak hormat kepada yang tua, saling mengejek, berkelahi, dan bermain bola di kamar. Sementara itu visi dari sekolah tersebut adalah membentuk generasi yang berilmu dan beramal Qur’ani serta menargetkan untuk hafal 15 Juz dalam waktu 3 tahun. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan terkait Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an Di Boarding School SMPTQ Abi Ummi Boyolali pada kelas VII A Putra beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif mulai bulan September sampai Desember 2021 di Boarding School SMPTQ Abi Ummi Boyolali. Subyek penelitiannya ialah para musyrif tahfidz kelas VIIA. Adapun informannya adalah Kepala Sekolah SMPTQ, Mudir Abi Ummi, Koordinator Tahfidz, Masul Marhalah dan beberapa Siswa. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Setelah terkumpul baru di analisis dengan model interaktif yakni direduksi, disajikan lalu disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program tahfidz AlQur’an di SMPTQ Abi Ummi Boyolali telah mencakup penentuan waktu, lingkungan dan tempat lalu adanya materi serta metode yang beragam. Peran musyrif tahfidz yang terlibat secara langsung, mengupgrade kemampuan dan terecruit secara berstandar. Dukungan orang tua melalui peran sekolah dengan memahamkan akan keutamaan menghafal Al-Qur’an dan administrasi hafalan yaitu buku muta’baah. Kontrol dan pengawasan dari atasan yaitu Mudir Kepondokan dan Kepala Sekolah pagi. Sedangkan faktor pendukungnya antara lain internal siswa yakni semangat yang tinggi, kemampuan menghafal, kesehatan yang baik, d