Kasturi, Rani Dwi and Ernawati, Fetty (2022) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH 12 DAGEN, JATEN, KARANGANYAR TAHUN 2022. Skripsi thesis, UIN Raden Mas Said Surakarta.
Text
183131014_RANI DWI KASTURI_SKRIPSI-1 - Rani Dwi kasturi.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Rani. 2022, Penerapan Metode Problem solving Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di TK Aisyiyah 12 Dagen, Jaten, Karanganyar, Tahun 2022. Skripsi : Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said, Surakarta Pembimbing : Dr. Fetty Ernawati, S.Psi.,M.Pd. Kata kunci : Metode Problem solving, Kemampuan Kognitif, Anak Usia Dini Metode problem solving mungkin banyak digunakan di lembaga PAUD tetapi dengan cara yang berbeda dan tingkat pemahaman yang berbeda pula. Metode problem solving diterapkan dengan harapan mampu mengembangkan kemampuan kognitif dalam memecahkan permasalahan sehari-hari pada AUD. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana penerapan metode problem solving untuk mengembangkan kemampuan kognitif AUD dalam memecahkan masalah sehari-hari di TK Aisyiyah 12 Dagen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif diskriptif dimana peneliti memaparkan hasil penelitian dengan cara mendiskripsikan berdasarkan fakta dan data yang ada. Penelitian ini dilakukan di TK Aisyiyah 12 Dagen, Jaten, Karanganyar pada 04 Maret 2022-04 April 2022. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelas B1 dan guru kelas B1. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala TK Aisyiyah 12 Dagen, Jaten, Karanganyar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan pemeriksaan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik anlaisis data menggunakan model interaktif Miles Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penerapan metode problem solving di TK Aisyiyah 12 Dagen, Jaten, Karanganyar dilakukan dengan beberapa langkah. Langkah pertama dilakukan dengan menentukan permasalahan, kedua pemberian masalah, ketiga proses berpikir dalam menyelesaikan masalah, keempat penemuan ide, dan kelima kesimpulan. Dari kelima kesimpulan, langkah tersebut dilakukan ketika pembelajaran mulai dari kegiatan pembukaan sampai dengan kegiatan penutup. Dalam menghadapi permasalahan sehari-hari yaitu masalah yang muncul secara alami dilakukan dengan langkah yang sedikit berbeda dari langkah-lagkah penerapan metode problem solving ketika pembelajaran. Langkah-langkah dalam penerapan metode problem solving dalam mengatasi masalah sehari-hari yaitu menganalisis masalah, memamhami apa yang harus dilakukan, memberikan kebebasan kepada anak untuk melakukan pemecahan masalah, menyimpulkan permasalahan yang ada.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Muhammad Suwardi Abdullah |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 04:07 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 04:07 |
URI: | http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/4493 |
Actions (login required)
View Item |