PERAN STRATEGIS DINAS PARIWISATA DAN BIRO PERJALANAN WISATA DALAM MENGOPTIMALKAN PARIWISATA HALAL DI KOTA SOLO

Anicha, Isyah and Khairul, Imam, S.HI., M.SI (2017) PERAN STRATEGIS DINAS PARIWISATA DAN BIRO PERJALANAN WISATA DALAM MENGOPTIMALKAN PARIWISATA HALAL DI KOTA SOLO. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsweet full.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT The Islamic-based economic sector has recently increased significantly, one of them in tourism that carries the concept of halal. Halal tourism is seen as a new way to develop tourism that upholds Islamic culture and values. And also not many travel agencies that pack trips with Halal travel packages, but more packing trips such as Umrah and Hajj. Therefore, this study aims to determine the role of the Tourism Office of Surakarta and travel bureau in optimizing halal tourism in Solo. This research uses descriptive qualitative method, place at Surakarta Tourism Office. Technique of data collecting done by observation, interview and documentation. The resource persons in this study consist of Head of Tourism, tourism destination and tourism sector, tourism marketing, creative economy development, tour and tourist. The results showed that the existence of halal tourism in the city of Solo get good response from the government. Solo City Government plays a role in developing halal tourism by building and preparing infrastructure facilities, conducting socialization, promoting, and cooperating with the halal certification MUI as well as with travel agency. While the role of travel agency, among others: support government programs and promote Solo tour packages to outside Solo area. From the results of the research found that the driving factors and inhibiting factors in optimizing halal tourism in Solo. Driving factors include: the support of government, e-marketing technology is increasingly sophisticated, facilities and infrastructure of tourism, atmosphere conducive and fun. Inhibiting factors include: low public understanding of halal tourism, tourism industry competition, low enthusiasm for managers of tourism objects. Keyword: halal tourism, tourism development. ABSTRAK Sektor ekonomi berbasis Islam akhir-akhir ini telah meningkat secara signifikan salah satunya dalam bidang pariwisata yang mengusung konsep halal. Pariwisata halal dipandang sebagai cara baru untuk mengembangkan pariwisata yang menjunjung tinggi budaya dan nilai-nilai Islami. Dan juga belum banyaknya biro perjalanan yang mengemas perjalanan dengan paket halal travel, tetapi lebih banyak pengemasan perjalanan seperti umrah dan haji. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Dinas Pariwisata Surakarta dan biro perjalanan wisata dalam mengoptimalkan pariwisata halal yang ada di Kota Solo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, tempat di Dinas Pariwisata Surakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber pada penelitian ini terdiri dari Kepala Dinas Pariwisata, bidang destinasi dan industri pariwisata, bidang pemasaran pariwisata, bidang pengembangan ekonomi kreatif, biro perjalanan wisata, dan wisatawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pariwisata halal di kota Solo mendapatkan respon yang baik dari pemerintah. Pemkot Solo turut berperan dalam mengembangkan pariwisata halal dengan cara membangun dan menyiapkan sarana prasarana, melakukan sosialisasi, melakukan promosi, bekerjasama dengan badan sertifikasi halal MUI serta dengan biro perjalanan wisata. Sedangkan peran biro perjalanan wisata antara lain: mendukung program pemerintah dan mempromosikan paket-paket wisata Solo sampai ke luar daerah Solo. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa faktor pendorong dan faktor penghambat dalam mengoptimalkan pariwisata halal di Kota Solo. Faktor pendorong antara lain: adanya dukungan dari pemerintah, teknologi e-marketing yang semakin canggih, sarana dan prasarana wisata, suasana kondusif dan menyenangkan. Faktor penghambat antara lain: rendahnya pemahaman masyarakat terhadap pariwisata halal, persaingan industri pariwisata, rendahnya antusias pengelola obyek wisata. Kata kunci: pariwisata halal, pengembangan wisata.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Economics
300 Ilmu Sosial > 330 Economics > 333 Land economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Syariah
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 12 Oct 2017 02:35
Last Modified: 12 Oct 2017 02:35
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/877

Actions (login required)

View Item View Item