TARGET COSTING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI SURAKARTA (STUDI PADA PERUSAHAAN KANTONG PLASTIK DI SURAKARTA)

Irma, Dwi Wijayanti and Wahyu, Pramesti, M. Si (2017) TARGET COSTING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI SURAKARTA (STUDI PADA PERUSAHAAN KANTONG PLASTIK DI SURAKARTA). skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full pdf.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT This study discusses about target costing manufacturing firms in Surakarta, a study on plastic company listed in the Large and Medium Manufacturing Directory of Surakarta 2015. The purpose of this study is to examine target costing practices in Surakarta. This field research use survey method with questionnaire and structured interview. The questionnaire filled by accountant, manager production or owner of plastic company in Surakarta. This research use observation, structures interview and documentation. The results in this study indicate, 8 responses have been received from 15 plastic bag companies in Surakarta, a company excluded from the research because it does not include a plastic bag company. A total of 4 of the 7 respondents use target costing. The remaining 3 plastic bag companies in Surakarta have not use target costing. Keywords: target costs, manufacturing industry, Surakarta. xii ABSTRAK Penelitian ini menguji tentang praktik target costing pada perusahaan manufaktur di Surakarta, studi diambil pada perusahaan kantong plastik yang terdaftar di Direktori Industri Besar dan Sedang kota Surakarta 2015. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktik target costing terjadi pada perusahaan kantong plastik yang terdaftar di Direktori Industri Besar dan Sedang kota Surakarta 2015. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode survey berupa kuisioner dan wawancara terstruktur. Kuisioner selanjutnya diisi oleh Bapak/Ibu akuntan, manajer produksi ataupun pengelola/pemilik perusahaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan, sebanyak 8 respon telah diterima dari 15 perusahaan kantong plastik di Surakarta, 1 perusahaan dikeluarkan dari penelitian karena bukan termasuk perusahaan kantong plastik. Sehingga mengurangi jumlah respon yang diterima menjadi 7 perusahaan kantong plastik, 4 diantaranya mengungkapkan bahwa perusahaannya telah mengadopsi target costing. Sisanya sebanyak 3 perusahaan kantong plastik di Surakarta belum mengadopsi target costing. Kata Kunci: biaya target, industri manufaktur, Surakarta

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Economics
300 Ilmu Sosial > 330 Economics > 331 Labor economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 06 Oct 2017 07:50
Last Modified: 06 Oct 2017 07:50
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/846

Actions (login required)

View Item View Item