PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TAHFIDZ ALQURAN DI MIN TANON SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Ulya, Septianawati and Drs., Sukirman, M.Ag (2017) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TAHFIDZ ALQURAN DI MIN TANON SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Ulya Septianawati.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran, Tahfidz Alquran Melihat realitas di zaman modern saat ini, banyaknya pengaruh teknologi dan berbagai fasilitas bermain yang semakin beragam sehingga tidak mudah untuk menumbuhkan kesadaran bagi umat Islam, khususnya anak-anak untuk menghafal Alquran. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu wadah atau tempat untuk menggerakkan, memotivasi, dan menumbuhkan minat anak-anak dalam menghafal Alquran. Salah satu sekolah yang mengadakan pelaksanaan kegiatan pembelajaran tahfidz Alquran adalah MIN Tanon Sragen. Melalui kegiatan pembelajaran tersebut, diharapkan mampu mencentak generasi Qur‟ani, yaitu generasi yang memiliki komitmen terhadap Alquran sebagai sumber perilaku, pijakan hidup, dan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dalam segala hal. Untuk menarik minat siswa dalam menghafal Alquran tentu dibutuhkan pengelolaan pembelajaran yang tepat dan disesuaikan dengan kondisi psikologis anak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan kegiatan pembelajaran tahfidz Alquran di MIN Tanon Sragen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Tahfidz Alquran di MIN Tanon Sragen Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan November 2016- Februari 2017. Subyek dalam penelitian ini adalah wali kelas IIIa, wali kelas VIa dan siswa. Sedangkan informannya adalah kepala madrasah dan guru mapel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Kemudian data dianalisa dengan menggunakan model analisis interaktif dengan langkah-langkah: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tahfidz Alquran dilakukan dengan: 1. Semaan yaitu mendengarkan suatu bacaan untuk dihafalkan. Semaan ini tidak dilakukan setiap hari. 2. Membaca bersama-sama yaitu guru dan siswa terlebih dahulu membaca doa belajar, kemudian membaca asmaul husna bersama-sama. Setelah membaca asmaul husna, guru dan siswa membaca doa-doa yang ada di buku panduan tahfidz Alquran sesuai dengan jenjang kelas dan semester. Ketika membaca bersama-sama siswa sangat bersemangat dan membaca dengan lantang. Ada siswa yang membaca dengan melihat buku dan ada juga siswa yang membaca tanpa melihat buku. 3. Sorogan yaitu siswa maju satu persatu untuk membaca hafalan yang sudah dihafalkan dan dibimbingkan kepada guru. Sementara guru memberi catatan, komentar, atau bimbingan bila diperlukan. Untuk siswa yang sudah hafalan setoran diberi tanda parafpada kolom hafalan yang ada dibuku panduan tahfidz tersebut. Siswa kelas VIa ada yang membaca hafalannya dengan murottal dan sangat bagus bacaannya. Sedang siswa kelas IIIa membaca masih dengan pelan-pelan tapi juga sudah lancar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 07 Aug 2017 02:07
Last Modified: 07 Aug 2017 02:07
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/631

Actions (login required)

View Item View Item