PELAKSANAAN PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN PADA SISWA DI SD IT AR RISALAH KARTASURA, SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017

Widia, Franita and Dra., Hj.Noor Alwiyah, M.Pd. (2017) PELAKSANAAN PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN PADA SISWA DI SD IT AR RISALAH KARTASURA, SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Widia Franita.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Pelaksanaan Program, Tahfidzul Qur’an Dalam pendidikan formal tingkat Sekolah Dasar saat ini banyak sekolah yang tidak mengedepankan Pelajaran Agama Islam dan hafalan qur‟an. Sekolahsekolah Islam yang banyak bermuatan mata pelajaran agama juga kurang memperhatikan tahfidz dan pemahaman peserta didik terhadap al qur‟an. Pelaksanaan program tahfidz kurang maksimal karena program tahfidz yang kurang diperhatikan dan juga tidak melakukan penambahan jam untuk muraja’ah sehingga hafalan peserta didik mudah hilang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan Pelaksanaan Program Tahfidzul Qur’an Pada Siswa Di SD IT Ar Risalah Kartasura, Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dilaksanakan di SD IT Ar Risalah Kartasura Sukoharjo pada bulan Agustus 2016-januari 2017. Subjek penelitian ini adalah guru tahfidz, informan penelitian ini adalah peserta didik dan kepala sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model interaktif, tahapan yang ditempuh yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa SD IT Ar Risalah Kartasura menetapkan target hafalan qur‟an sebanyak 3 juz. Dalam pelaksanaannya target ini menjadi mudah karena peserta didik dalam tiap tingkatannya diberi target hafalan secara bertahap dan juga muraja’ah yang dilakukan secara continue. Pelaksanaan program tahfidzul qur’an di SD IT Ar Risalah Kartasura dalam pembelajarannya terdapat 8 jam pelajaran dalam setiap minggunya. 1 jam pelajaran ada 30 menit. Pelaksanaannya seminggu 4 hari, setiap hari 2 jam pelajaran yaitu 60 menit. Tahfidzul qur’an yang menjadi pelajaran unggulan ini didukung dengan banyak kegiatan yang dapat mendukung program tahfidzul qur’an diantaranya qur’an time, muraja’ah sepulang sekolah dan halaqah tahfidz. Pembelajaran yang dilakukan dengan beberapa metode seperti talaqqi, Muri-Q, kelompok, ceramah dan motivasi.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 07 Aug 2017 02:07
Last Modified: 07 Aug 2017 02:07
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/630

Actions (login required)

View Item View Item