PERAN MAJELIS TAKLIM DALAM PENDIDIKAN AKIDAH PADA MASYARAKAT DI DESA KALIKOBOK, KECAMATAN TANON, KABUPATEN SRAGEN

Sidiq, Cahyadi and Drs., Sukirman, M.Ag (2017) PERAN MAJELIS TAKLIM DALAM PENDIDIKAN AKIDAH PADA MASYARAKAT DI DESA KALIKOBOK, KECAMATAN TANON, KABUPATEN SRAGEN. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Sidiq cahyadi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Peran Majelis Taklim, Pendidikan Akidah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Masih terdapat majelis taklim yang hanya dalam lingkup ritual membaca-baca tanpa memperdalam ilmu agama. (2) Masih terdapat majelis taklim yang kurang memaksimalkan peran fungsinya. (3) Kurangnya partisipasi masyarakat dalam menumbuh kembangkan eksistensi majelis taklim. Majelis taklim sebagai lembaga pendidikan non formal mempunyai peran penting dalam pendidikan akidah yaitu sebagai wadah pembinaan umat dan sebagai wadah pemberdayaan ekonomi dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang peran majelis taklim malam ahad dalam pendidikan akidah pada Masyarakat di Desa Kalikobok, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di desa Kalikobok, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen pada bulan Januari 2016 sampai November 2016. Subyek dalam penelitan ini adalah Ustadz-ustadz pengajar majelis taklim. Adapun informan dalam penelitian ini adalah masyarakat (jamaah majelis taklim). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk melihat keabsahan data digunakan triangulasi data. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat diambil kesimpulan bahwa: majelis taklim malam ahad di desa Kalikobok, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen mempunyai peran dalam pendidikan akidah. Adapun hasil dari penelitian peran majelis taklim malam ahad dalam pendidikan akidah pada masyarakat di desa Kalikobok, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen yaitu sebagai wadah pembinaan umat yang diberikan melalui pendidikan. Adapun dalam pendidikan akidah yaitu: 1. Pendidik yang di datangkan dari Organisasi Islam yang berbeda, yaitu Muhammadiyah, Nahdhlatul Ulama, dan Majelis Tafsir Al-Qur’an. 2. Penyampaian bahan ajar, yaitu materi-materi akidah seperti Rukun Iman dan Rukun Islam, larangan dan bahaya kemusyrikan, Sirah Nabawi dan kisah para sahabat. 3. Penggunaan metode-metode pendidikan, yaitu metode pembiasaan, metode keteladanan, metode ceramah, dan metode tanya jawab.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 07 Aug 2017 01:32
Last Modified: 07 Aug 2017 01:32
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/625

Actions (login required)

View Item View Item