PEMBINAAN AKHLAK TERHADAP ANAK JALANAN DI MAJELIS TAKLIM MANUNGGALING FIKIRAN LAN ATI ING NDALEM SHOLAWAT, NGARGOYOSO KARANGANYAR

Septiana, Septiana and Muh., Fajar Shodiq, M.Ag (2017) PEMBINAAN AKHLAK TERHADAP ANAK JALANAN DI MAJELIS TAKLIM MANUNGGALING FIKIRAN LAN ATI ING NDALEM SHOLAWAT, NGARGOYOSO KARANGANYAR. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Septiana.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Pembinaan Akhlak Terhadap Anak Jalanan Pembinaan akhlak diselenggarakan tidak hanya pada pendidikan formal pada umumnya tetapi juga pada pendidikan nonformal. Dalam pendidikan nonformal seperti Majelis Taklim Manunggaling Fikiran Lan Ati Ing Ndalem Sholawat pembinaan akhlak menjadi sangat penting mengingat bahwa para anak jalanan yang berasal dari latar blakang yang berbeda, seperti broken home dan ekonomi rendah. Dari masalah pada masing-masing anak berdampak pada tindakan penyimpangan dilingkungan. Sehingga diperlukan suatu pembinaan akhlak supaya anak jalanan berakhlak bagus. Tujuan penelitian yang diharapkan adalah untuk mengetahui upaya ustadz dalam pembinaan akhlak terhadap anak jalanan di Majelis Taklim Manunggaling Fikiran Lan Ati Ing Ndalem Sholawat, Ngargoyoso Karanganyar. Penelitian ini menggunakan pendektan deskriptif kualitatif. Pelaksanaan penelitian telah dilaksanakan pada bulan November 2016 sampai bulan Januari 2017. Tempat penelitian di Majelis Taklim Manunggaling Fikiran Lan Ati Ing Ndalem Sholawat, Ngargoyoso Karanganyar. Subyek penelitian adalah Pembina Majelis Taklim Manunggaling Fikiran Lan Ati Ing Ndalem Sholawat. Sedangkan informan adalah anak jalanan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan analisis model interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa Pembinaan Akhlak Terhadap Anak Jalanan di Majelis Taklim Manunggaling Fikiran Lan Ati Ing Ndalem Sholawat, Ngargoyoso Karanganyar sebagai berikut: 1) Do’a bertujuan untuk membiasakan berdo’a kepada Allah dengan begitu seserang akan lebih mudah menerima dan menyerap ilmu yang dipelajari dan ilmu tersebut akan bermanfaat 2) Tahlilan untuk mendoakan orang yang sudah meninggal 3) BTA untuk memahami lebih lanjut isi kandungan ayat yang terdapat didalam Al-Qur’an 4) Sholat untuk bersyukur kepada Allah SWT atas semua yang diberikan-Nya 5) Infaq untuk menumbuhkan ikhlas pada diri 6) Kultum untuk mempererat silaturahmi 7) Pelatihan tari sufi bertujuan untuk membangkitkan ghairah dzikir kepada Allah 8) Pelatihan hadroh bertujuan untuk menggali potensi seni 9) Sholawatan bertujuan mendapatkah rahmat dan berkah dari Allah SWT 10) MOLIMO MANTAB (mujahadah, manakib, maulid, mauidloh, muhasabah 11) Membuang sampah pada tempatnya dengan tujuan untuk menjaga lingkungan agar tetap terjaga dan tercipta kenyamanan bersama.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 07 Aug 2017 01:32
Last Modified: 07 Aug 2017 01:32
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/623

Actions (login required)

View Item View Item