AKTUALISASI AKHLAK PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AL-ANIS KARTASURA SUKOHARJO TAHUN 2016

Rosid, Durohman and Dr. H., Baidi, M.Pd (2017) AKTUALISASI AKHLAK PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AL-ANIS KARTASURA SUKOHARJO TAHUN 2016. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Rosid Durohman.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Aktualisasi Akhlak, Peserata Didik Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah tentang aktualisasi akhlak pada peserta didik. Dalam mengaktualkan akhlak perlu adanya upaya yang nyata karena akhlak tidak cukup dalam bentuk pengetahuan saja, tapi harus benarbenar di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini yang pertama, untuk mengetahui aktualisasi pendidikan akhlak pada peserta didik di SMP IT Al-Anis Kartasura. Kedua, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi akhlak peserta didik di SMP IT Al-Anis Kartasura. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dilaksanakan pada bulan Juni 2016-November 2016 di SMP IT Al-Anis kecamatan Kartasura Kabupaten Sukohajo. Subjek penelitian ini adalah Siswa SMP IT Al-Anis Kartasura. Informan penelitian ini adalah Kepala sekolah, guru, santri ponpes AlAnis, dan siswa. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik tringulasi sumber dan metode. Teknik analisis dengan model interaktif dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunujukan bahwa SMP IT Al-Anis berupaya mengaktualkan akhlak agar siswa tidak hanya cerdas dalam pengetahuan saja tetapi juga baik dalam tingkah laku kesehaian. Bentuk dari pengaktualisasian akhlak pada peserta didik di SMP IT Al-Anis adalah dengan (1) pembiasaan akhlak mahmudah pada siswa. (2) Pembiasaan membaca al-Qur’an. (3) Pelaksanaan shalat dhuha berjama’ah. (4) Penyampaian hadist akhlak. (5) pembiasaan membaca asmaul-husna. (6) pelatihan kultum oleh siswa. Faktor yang berpengaruh pada siswa terdiri dari faktor internal yaitu lingkungan sekolah, tauladan dari guru, komunikasi antara guru dan wali murid. Faktor eksternal yaitu lingkungan rumah, pendidikan dari orang tua,program boarding school pada siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 07 Aug 2017 01:32
Last Modified: 07 Aug 2017 01:32
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/618

Actions (login required)

View Item View Item