PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN DI SMP MUHAMMADIYAH 2 MASARAN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Rofiyatun, Nurul Khasanah and Drs., Sukirman, M.Ag (2017) PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN DI SMP MUHAMMADIYAH 2 MASARAN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Rofiyatun Nurul Khasanah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Ekstrakurikuler Hizbul wathan. Pendidikan merupakan upaya menumbuhkan budi pekerti (karakter), pikiran (intellect) dan tubuh anak. Dalam menaati tata tertib di sekolah banyak siswa di SMP Muhammadiyah2 Masaran Sragen yang kurang berdisiplin dan bersosialisasi antar teman masih banyak yang kurang. Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler ini diharapkan dapat membentuk karakter siswa dan dapat mendisiplinkan siswa serta siswa dapat bersosialisasi dengan baik. Dengan banyaknya mata pelajaran yang diberikan kepada siswa yang terkadang membuat siswa jenuh dan bosan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler hizbul wathan di SMP Muhammadiyah 2 Masaran Sragen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 2 Masaran Sragen mulai bulan februari sampai juni 2016, Subjek dalam penelitian ini Guru pembina Ekstrakurikuler Hizbul Wathan, Informan Kepala Sekolah dan Siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber, dan metode. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa Pendidikan Karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler hizbul wathan di SMP Muhammadiyah 2 Masaran Sragen Tahun Pelajaran 2015/2016 dilaksanakan secara rutin setiap hari jum‟at. Pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler dilakukan oleh Guru pembina ekstrakurikuler. Proses dalam pendidikan karakter melalui kegiatan Hizbul wathan menekankan pada 4 pendekatan yaitu Pendekatan yang digunakan meliputi pendekatan pengalaman dilihat dari kegiatan khutbah jum‟at, upacara pembukaan, menjelaskan sandi, tali temali dan mendirikan tenda, pendekatan pembiasaan membiasakan anggota hizbul wathan berdo‟a sebelum kegiatan dilaksanakan, pendekatan emosional terlihat pembina menggugah perasaan anggota hizbul wathan dan pendekatan keteladanan terlihat pembina mengajarkan materi kegiatan dengan tenang dan sabar. Nilai- nilai yang dapat diambil dalam kegiatan ekstrakurikuler hizbul wathan adalah Religius membiasakan anggota hizbul wathan dalam berdoa sebelum kegiatan dilaksanakan. Kedisiplinan patuh dan tertib alam mengikuti kegiatan. Tanggungjawab ketika mengikuti kegiatan PBB. Kreatif dan rasa ingin tahu ketika mengikuti kegiatan permainan. Kerja keras, mandiri dan sosial terlihat saat anggota hizbul wathan belajar tali temali. Bersahabat/komunikatif terlihat saat belajar sandi. Kerjasama terlihat saat mendirikan tenda.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 04 Aug 2017 01:07
Last Modified: 04 Aug 2017 01:07
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/615

Actions (login required)

View Item View Item