IMPLEMENTASI METODE UMMI DI TPA AR-ROHMAN AR-ROHIM DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DUKUH TANJUNGSARI KELURAHAN TEGALGEDE KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2016/2017

Rita, Mustikawati and Hj., Siti Choiriyah, S.Ag.,M.g (2017) IMPLEMENTASI METODE UMMI DI TPA AR-ROHMAN AR-ROHIM DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DUKUH TANJUNGSARI KELURAHAN TEGALGEDE KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Rita Mustika.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Pembelajaran Membaca Al-Qur‟an, Metode Ummi. Al-Qur‟an merupakan petunjuk bagi umat Islam. Maka generasi Islam wajib mempelajari Al-Qur‟an. Langkah awal yang dapat dilakukan adalah belajar membaca Al-Qur‟an. Generasi sekarang ini,banyak anak yang tidak bisa membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwid. Oleh karena itu, diperlukan metode belajar membaca Al-Qur‟an yang praktis dan efisien da efektif agar anak dapat belajar membaca Al-Qur‟an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan Implementasi Metode Ummi di TPA Ar-Rohman Ar-Rohim dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur‟an Dukuh Tanjungsari, Kelurahan Tegalgede, Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dilaksanakan di TPA Ar-Rohman Ar-Rohim dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur‟an Dukuh Tanjungsari, Kelurahan Tegalgede, Kabupaten Karanganyar pada bulan Juni-Desember 2016. Subyek penelitian ini adalah ustadz/ustadzah, santriwan dan santriwati. Sedangkan informan pada penelitian ini adalah ketua TPA Ar-Rohman Ar-Rohim. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan analisis data yang digunakan analisis interaktif dengan menggunakan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran membaca Al-Qur‟an dengan menggunakan metode Ummi dilakukan dengan cara langsung yaitu dengan tidak dieja cara membacanya dengan tempo cepat satu ketukan. Untuk bacaan mad cara membacanya dengan diayun yaitu 1 ayunan sama dengan 2 harokat. Tahap pembelajaran langsung ada 7 tahap yaitu tahap pembukaan, tahap apersepsi, tahap penanaman konsep, tahap pemahaman konsep, tahap latihan/keterampilan, tahap evaluasi dan tahap penutup. Sistem yang digunakan klasikal-individual yaitu model pembelajaran membaca Al-Qur‟an bersama-sama halaman yang ditentukan ustadz/ustadzah setelah dianggap tuntas oleh ustadz/ustadzah pembelajaran dilanjutkan membaca secara individual. Dalam pembelajaran metode Ummi TPA Ar-Rohman Ar-Rohim dilengkapi dengan metode menghafal yaitu metode Talaqi yang berarti ustadz/ustadzah mempraktekkan satu ayat sebanyak 3 kali. Santri mengulang sebanyak 5-10 kali. Pembelajaran Al-Qur‟an dengan metode Ummi Ustadz/Ustadzah yang diwajibkan lulus sertifikasi metode Ummi.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 04 Aug 2017 01:06
Last Modified: 04 Aug 2017 01:06
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/614

Actions (login required)

View Item View Item